Pencanangan HKG PKK KB – Kesehatan, Ini Tujuannya

Pj Wali Kota Makassar menabuh gendang tanda dibukanya Pencanangan HKG PKK KB - Kesehatan di Jalan Gunung Lompobattang, Kamis, (12/9/2019).
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASAR – Tabuhan gendang tradisional oleh Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb didampingi Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal menandakan dimulainya pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK KB Kesehatan di Kota Makassar. 

Pencanangan HKG PKK KB Kesehatan dipusatkan di Kelurahan Pisang Selatan, Kecamatan Ujung Pandang. Tepatnya di Lorong 96, Jalan Gunung Lompobattang, Makassar, Kamis (12/9/2019).

Tujuan pelaksanaannya untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program KB-Kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerja sama lintas sektor kesatuan Gerak PKK – KB  Kesehatan.

Pencanangan tahun ini mengangkat tema Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kita Sukseskan Program Pemerintah Kota dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera.

Dalam sambutannya Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb menjelaskan bahwa pelaksanaan pencanangan HKG PKK KB – Kesehatan sudah menjadi program tahunan TP PKK yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia mulai dari tingkat kabupaten/kota melibatkan kelurahan pada setiap bulan September – Desember.

Baca Juga:  Jet Ski Wali Kota Cup 2019 Berakhir, Berikut Daftar Juaranya¬†

“Sasaran yang ingin kita capai pada acara ini meliputi pembinaan kesehatan masyarakat, pelayanan KB, pembinaan ketahanan keluarga, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi keluarga,” ucapnya.

Menurut Iqbal berbagai prestasi dan penghargaan yang diraih Kota Makassar dalam kegiatan Kesatuan Gerak PKK dan Program KB tahun 2018 adalah Juara Il Lomba PKK KB-KES kategori Posyandu Terintegrasi Tingkat Nasional.

“Keberhasilan tersebut, tentu tidak lepas dari kerja sama yang baik antara Tim Penggerak PKK di setiap tingkatan didukung SKPD terkait, khususnya Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, camat dan lurah untuk meraih juara Pakarti Madya 3 pelaksana IVA terbaik Tingkat Nasional dalam Rangka HKG PKK – KB Kes Tahun 2019,” jelasnya.

Baca Juga:  Danny Pomanto Pastikan P3K Tidak Ganggu TKWT

Pada kesempatan itu, diluncurkan program Sistem Teknologi Informasi Kelompok Anak (Sitokka) dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Makassar, di mana aplikasi ini dapat mengontrol perkembangan anak melaui aplikasi berbasis android.

Juga dilaksanakan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan IVA secara gratis, pelayanan peserta KB baru khusus IUD dan implan kurang lebih 100 peserta KB.

Hadir pada kesempatan tersebut Rudiyanto Lallo dan Fatma Wahyuddin  anggota DPRD Kota Makassar, camat dan lurah se kota Makassar. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.