Site icon Inipasti

Pendidikan Agama Islam Jadi Prodi Pertama di Unismuh Raih Akreditasi Unggul

INIPASTI.COM – Makassar, Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr. Amirah Mawardi mengapresiasi capaian prestasi Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang meraih akreditasi “Unggul”.

Amirah mengungkapkan, PAI merupakan yang pertama dari 49 Prodi di UNISMUH yang meraih akreditasi tertinggi.

Diketahui, prodi lainnya di Unismuh masih menggunakan akreditasi tujuh standar. Dalam aturan yang dikeluarkan oleh BAN-PT Nomor 1 tahun 2022 dijelaskan bahwa peringkat akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT terdiri atas Unggul, Baik Sekali dan Baik.

Dr. Amirah menyebut capaian Prodi PAI sebagai sejarah. Terlebih, prodi ini merupakan yang tertua di Unismuh Makassar.

“Syukur alhamdulillah, Prodi Pendidikan Agama Islam melalui hasil Penetapan Ban-PT tanggal 10 Mei 2022 telah menetapkan bahwa tingkat Akreditasi Prodi PAI dikonversi menjadi Unggul,” ungkap Amirah.

Ia mengungkapkan, hasil perolehan akreditasi ‘Unggul’ ini melalui Proses ISK (Instrumen Suplemen Konversi). Ini diberikan kepada setiap prodi yang telah terakreditasi A.

Atas capaian membanggakan ini, Amirah mapresiasi kinerja seluruh civitas agama Fakultas Agama Islam dan prodi.

“Syukur alhamdulillah ‘ala’ kulli hal. Ini semua dapat terwujudkan karena kerja keras, kerja kompak, dan kerja tulus dari segenap tim fakultas dan prodi PAI,” ungkap dekan.

Ia menekankan capaian ini merupakan hasil dari kerja sama segenap Civitas Akademik Fakultas Agama Islam baik mahasiswa, alumni, dosen, tenaga pendidik, pimpinan prodi, pimpinan fakultas, dan tentunya dukungan penuh dari Pimpinan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Unismuh Nurhidayah M membeberkan, capaian prodi yang ia pimpin ini merupakan hasil dari penantian selama kurang lebih lima bulan pasca pengiriman berkas ISK (Instrumen Suplemen Konversi).

Sejak awal, pihaknya memang menargetkan meraih predikat Unggul yang merupakan hasi konversi dari predikat A.

“Syukur alhamdulillah, tidak ada kendala yang kami hadapi selama proses. Ini karena kerjasama tim, dukungan dari pimpinan universitas sampai pimpinan fakultas beserta dukungan dari para dosen, ” tandas Nurhidayah.

Secara khusus, Kaprodi PAI Unismuh ini berterima kasih kepada Badan Penjaminan Mutu dan Tim Gugus Kendali Mutu FAI Unismuh.

Terakhir, ia berharap, prestasi tertinggi yang telah diraih ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan selanjutnya.

Exit mobile version