Perintis Tagana Menjadi Direktur PSKBA Kemensos RI

INIPASTI.COM – Nama lengkapnya Drs.H. Iyan Kusmadiana, MPS, Sp, Senin 27 Juni 2022 dilantik menjadi Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemeneterian Sosial RI di Jalan Salemba Raya No 28 Jakarta Pusat.

Perjalanan karier yang cukup panjang dan cukup lama malang melintang di dunia kebencanaan, menjadikan seorang Iyan Kusmadiana mencapai puncak karier sebagai direktur.

Inline Ad

Profil Direktur PSKBA Kemensos yang baru dilantik, merupakan seorang Perintis Tagana. Di tahun 2004 pada Pusdiklat Lembang Jawa Barat, beliau menjadi komandan upacara pada saat pencanangan terbentuknya Taruna Siaga Bencana Indonesia (Tagana) oleh Direktur PSKBA pada masanya, Drs.Andi Hanindito,M.Si.

Belakangan Andi Hanindito atas kesepakatan para Perintis Tagana Indonesia direkomendasikan, panggilan akrabnya menjadi “Panglima Tagana Indonesia” hingga beliau memasuki masa purnatugas di Kementerian Sosial RI.

Berbicara tentang Tagana, tak terlepas dari tangan dingin, seorang Panglima bernama Andi Hanindito, berkat beliaulah, sehingga kami yang termasuk dalam kategori “Perintis Tagana Indonesia” sebanyak 66 orang.

Menjadikan beliau sebagai mahaguru yang telah menularkan pengetahuan dan pemahamannya tentang ke-Tagana-an secara simultan.

Hari ini, rasa gembira dan bersyukur, karena salah seorang Perintis Tagana Indonesia, yaitu Iyan Kusmadiana, kini menjadi “Direktur PSKBA” yang secara hirarkis bertanggungjawab terhadap pengembangan Tagana Indonesia, yang lahir pada tgl 24 Maret 2004 di Lembang Jawa Barat.

Perjalanan waktu yang berawal dari Perintis Tagana Indonesia, telah melahirkan Tagana Muda, Tagana Madya (Tagana Khusus), Tagana Utama yang tersebar di Persada Nusantara.

Kami atas nama segenap Perintis Tagana Indonesia, mengucapkan selamat menunaikan amanah, kepada Drs. H. Iyan Kusmadiana, MPS. Ps, selaku Direktur Perlindungan Sosial Kementerian Sosial RI (Syakhruddin)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.