Pesawat Bermasalah, Ribuan JCH Menumpuk di Asrama Haji Sudiang

JCH Kloter 18 Embarkasi Makassar tiba di Asrama Haji Sudiang. Rabu, (17/7/2019). (Foto : Sule)

INIPASTI.COM, SUDIANG – Masalah terhadap sistem hidrolik pesawat Garuda berimbas pada Jemaah Calon Haji (JCH). Tak tanggung-tanggung, 4 kelompok terbang (kloter) sekaligus menumpuk di Asrama Haji Sudiang, Rabu, 17 Juli 2019.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat garuda yang sejatinya di pakai oleh JCH Kloter 14 Embarkasi Makassar mengalami masalah pada sistem hidroliknya. Karena pesawat tersebut harus mendapatkan perbaikan, pihak Garuda Indonesia akhirnya memberangkatkan Kloter 14 dengan menggunakan pesawat yang seharusnya digunakan oleh Kloter 15.

Inline Ad

Baca : Akibat Pesawat Bermasalah di Udara, Pemberangkatan Kloter 15 Belum Jelas

Alhasil, pemberangkatan selanjutnya pun harus diundur. Padahal jadwal pemberangkatan dari Kloter 15 hingga Kloter 18 sangat padat. Ribuan JCH dari 4 Kloter tersebut menumpuk di Asrama Haji Sudiang.

Seperti diketahui, satu kloter berisi 450 JCH. Jika dikali 4, berarti 1800 JCH telah berada di Asrama Haji Sudiang. “Iya, ini karena ada masalah pada pesawat. Jadi pemberangkatan juga tertunda,” jelas Wakil Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Makassar Aminuddin.

Baca Juga:  Istri Meninggal Dunia, JCH Sultra Batal Berangkat Haji

Berdasarkan jadwal yang ada, Kloter 15 seharusnya berangkat pada pukul 13.15 WITA siang tadi. Untuk Kloter 16, dijadwal awal tertulis terbang pada pukul 01.00 dini hari nanti, Kamis 18 Juli 2019. JCH kedua kloter ini seluruhnya berasal dari Papua.

Begitu pun Kloter 17 yang berasal yang berasal dari 4 daerah (Makassar, Luwu, Palopo, dan Papua). 450 JCH tersebut telah diterima secara resmi oleh PPIH Embarkasi Makassar di Masjid Quba Asrama Haji Sudiang sore tadi. Jadwal awal, mereka akan berangkat pada 18 Juli, pukul 18.05 WITA.

Baca Juga:  Terima Kloter 22, Wabup Harap Jemaah Haji Jadi Teladan

Sedangkan Kloter 18 merupakan JCH dengan status transit di Asrama Haji Sudiang. Di mana kloter ini berisi 450 JCH asal Provinsi Papua. Mereka telah tiba sekira pukul 14.30 WITA siang tadi.

Sebagai bentuk konsekuensi, pihak PT Garuda Indonesia pun harus menyewakan hotel bagi ratusan JCH ini. Karena menurut Kepala UPT Asmara Haji Sudiang, Iqbal Mulyadi, Asrama Haji hanya bisa menampung 3 kloter.

“Asrama haji itu kapasitasnya cuma 3 kloter,” singkat Iqbal.

Imbasnya, JCH Kloter 18 harus menginap di hotel di sekitar Asrama Haji Sudiang. Seperti Hotel Darma Nusantara 1, Darma Nusantara 2, Ibis Bandara, Harper, dan Dalton. (Sule)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.