Petani Manggarai Barat Manfaatkan Alsintan untuk Tingkatkan Produksi

Top Ad

INIPASTI.COM, MANGGARAI BARAT – Dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian, Kementerian Pertanian memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) ke sejumlah petani di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Alsintan yang diberikan berupa traktor roda 4, traktor roda dua, power thresher, corn sheller, power thresher multiguna dan power thresher multiguna mobile. Bantuan ini disalurkan kepada kelompok tani yang telah ditetapkan sebagai CPCL penerima bantuan.

Inline Ad

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, petani harus bisa memaksimalkan bantuan alsintan guna membantu proses budidaya sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian.

“Dalam masa pandemi Covid-19, peningkatan produktivitas sangat penting karena sektor pertanian menjadi ujung tombak pangan nasional. Dengan cara ini ketahanan pangan bisa terjaga dan kebutuhan pangan dapat terpenuhi,” tutur Mentan SYL, Kamis (22/7/2021).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil, mengatakan, Kementan berupaya mendorong modernisasi pertanian melalui penerapan mekanisasi dengan alsintan di tingkat petani.

“Kementerian Pertanian siap menghadapi era industri 4.0 dengan mekanisasi pertanian, dengan memaksimalkan penggunaan alsintan dalam proses budidaya. Dengan mekanisasi pertanian, kita harapkan produktivitas bisa semakin meningkat dan kesejahteraan petani terjamin” katanya.

Ali Jamil menambahkan, penggunaan alsintan menjadi penting karena mampu meminimalisir losses. “Jika losses bisa ditekan, otomatis produktivitas bisa kita tingkatkan,” terangnya.

Direktur Alat dan Mesin Pertanian Ditjen PSP Kementan, Andi Nur Alamsyah, menjelasan, alsintan juga bisa mendukung percepatan tanam dan panen.

“Dampaknya adalah peningkatan indeks pertanaman. Dengan demikian, pendapatan dan kesejahteraan petani pun kita harap bisa bertambah,” terangnya.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, mengungkapkan, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi para petani, terlebih dalam masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, hal tersebut patut disyukuri karena perhatian pemerintah yang luar biasa.
“Pemerintah pusat memberikan perhatian bagi anggota kelompok tani di Mabar saat ini. Oleh karena itu, kita berterima kasih kepada pemerintah pusat terutama Kementerian Pertanian,” ujarnya.

Bottom ad

Leave a Reply