Site icon Inipasti

Pokjar UT Pangkep Tahun Ini Fokus Sosprom di Sekolah Kepulauan dan Pegunungan

INIPASTI.COM, Universitas Terbuka meskipun kehadirannya sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi negeri di Indonesia sudah terbilang lama, namun diakui sebagian masyarakat belum banyak yang mengenalnya secara utuh khususnya masyarakat Sulsel yang ada di pelosok-pelosok.

Agar perguruan tinggi yang dikenal sebagai pelopor pendidikan jarak jauh di Indonesia ini bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat maka manajemen UT sekarang ini melakukan langkah- langkah strategis untuk mensosialisasikan sekaligus mempromosikan UT di masyarakat.

Secara umum perkembangan UT di Pulau Jawa sudah sedemikian maju bila dibandingkan dengan perkembangan UT di Sulsel. Menurut informasi dan ini juga sering disampaikan Direktur UT Makassar, Drs Jasanuddin, M.Si bahwa beberapa daerah di Pulau Jawa memiliki kantor UPBJJ – UT lebih dari satu dan mahasiswanya telah mencapai ratusan ribu orang.

Perkembangan UT di Pulau Jawa sudah sedemikan maju dibandingkan dengan di luar Jawa termasuk di Sulsel. Dari targer pencapaian mahasiswa UT tahun ini Sulsel ditargetkan 9000 mahasiswa dari 500 ribu mahasiswa secara nasional.

Universitas Terbuka terutama yang bermukim di daerah pedesaan maupun pelosok- pelosok negeri ini seperti

Dalam upaya menggenjot jumlah mahasiswa UT di Sulsel agar bisa mencapai target 9000 mahasiswa tahun ini, maka belum lama ini UPBJJ – UT Makassar mengundang seluruh pengurus Pokjar UT yang ada di Sulsel untuk mengikuti rapat koordinasi di Makassar.

Salah satu tujuannya selain untuk silaturahim sesama pengurus Pokjar UT sekaligus untuk mengevaluasi perkembangan mahasiswa UT yang ada di wilayahnya masing – masing serta strategi yang dilakukan dalam mensosialisasikan dan mempromosikan UT selama ini.

Ketua Pokjar Pangkep Hj Rostiah termasuk yang mempresentasikan strategi promosi yang dilakukan di wilayahnya mengatakan di tahun ajaran 2022.2 akan fokus melakukan sosialisasi dan promosi ( SOSPROM ) di daerah daerah pesisir dan pegunungan.

” Kalau tahu- tahun sebelumnya yang menjadi target sasaran adalah wilayah kota dan sekarang mulai bergeser ke wilayah kepulauan dan pegunungan,” ujar Hj Rostiah

Dikatakan, Hj Rostiah akan melakukan sosialisasi dengan mengunjungi sekolah – sekolah yang ada di kepulauan dan pegunungan.

” Wilayah kepulauan dan pegunungan rata- rata masyarakatnya terkendala dengan jarak dan keterbatasan ekonomi didalam mengakses pendidikan makannya UT hadir di wilayah yang tidak terjangkau itu sebagai solusinya,”ujar Hj Rostiah.

Pokjar Pangkep, ditahun 2022.2 di pangkep rencanakan rencanakan sosprom di daerah posisir kalau sebelumnya di kota, target promosi di pangkep, strategi sosprom yaitu mengunjungi sekolah daerah kepualauan dan pegunungan, penduduknya terkendala jarak dan ekonomi.

Terkait dengan sosialisasi dan promosi UT di Pangkep Hj Rostiah juga melakukan audiensi dengan instaansi terkait, kemudian akan mendata seluruh pegawai tenaga honorer yang belum sarjana ( SI ).

Selain gencar melakukan promosi Hj Rostia juga melakukan audiensi dengan organisasi profesi diantaranya PGRI, lalu aktif mengikuti kegiatan yang dilakukan instansi dan organisasi kemasyarakatan lainnya dan juga sering ikut sebagai sponsor kegiatan baik langsung maupun lewat media sosial.

Untuk lebih mengencangkan lagi promosi UT di Kabupaten Pangkep Ketua Pokjar UT Kab
Pangkep, Hj Rostiah mengusulkan pihak UPBJJ – Makassar untuk mencetak spanduk sebanyak- banyaknya untuk disebar ke wilayah – wilayah strategis.

Ketua Pokjar Pangkep Hj Rostiah juga berharap pihak UPBJJ UT dapat membantu memfasilitasi mahasiswa UT yang ada di Pangkep bisa mendapatkan beasiswa dari Pemkab Pangkep.

Exit mobile version