Prabowo Sebut Indonesia Punah, Rommy: Semprot Kebohongan

Dewan Penasehat TKN Jokowi - Ma'ruf yang juga Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy (sumber: viva.co.id)

INIPASTI.COM, JAKARTA – Pernyataan Calon Presiden Prabowo Subianto yang menyebutkan Indonesia bisa punah jika dia dan Sandiaga Uno kalah dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019, menanggapi hal tersebut Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf, M. Romahurmuziy menyebutkan itu hanyalah lagu lama seorang politikus

“Ini kan lagu lama. Saya selalu menyampaikan, strategi yang dilakukan Prabowo – Sandiaga diadopsi dari strategi Donald Trump, saya istilahkan strategi ini semprotan kebohongan atau firehose of the falsehood,” ujar Rommy saat ditemui usai menghadiri rapat evaluasi TKN di kediaman Jusuf Kalla seperti dilansir dari tempo.co.

Ia pun membeberkan, ciri strategi tersebut. Pertama dilakukan dengan high volume multi channel, yakni berita disebarkan masif di semua platform seperti YouTube, Twitter, Instagram, atau WhatsApp. Kedua, kata dia, dilakukan secara repetitif atau berulang-ulang.

Baca Juga:  Ilham Syah Azikin Gagas Program Jaminan Perlengkapan Sekolah

Ketiga, pernyataan tidak berpijak pada realita. “Contohnya, pernyataan Prabowo mengatakan Indonesia akan bubar di 2030, juga sama dengan kalau dia kalah Indonesia akan bubar. Itu bagian dari gimik politik,” kata Rommy.

Sedangkan ciri keempat adalah, strategi keempat yaitu melakukan kebohongan untuk menarik first impression masyarakat. “Strategi ini seperti propaganda berbasis pada analisis psikoanalisa,” ujar Rommy.

Sebelumnya, Prabowo menyebut Indonesia bisa punah seumpama dirinya dan calon wakil presiden Sandiaga Uno kalah dalam pemilihan presiden 2019, saat berpidato dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Senin, 17 Desember 2018.

Baca Juga:  Andi Arief Ajukan Surat Pengunduran Diri

Prabowo beralasan, dia merasakan adanya getaran besar dari masyarakat yang menginginkan perubahan dan perbaikan. Prabowo menyebut rakyat juga menginginkan pemerintahan yang bersih dari korupsi.

Sementara itu, lanjut Prabowo, elite Indonesia selalu mengecewakan dan gagal menjalankan amanah rakyat. “Karena itu kita tidak bisa kalah. Kita tidak boleh kalah. Kalau kita kalah, negara ini bisa punah,” kata Prabowo

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.