Prodi IP Unismuh Makassar hasilkan Dokumen VMTS dan Kurikulum MBKM

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makassar mengadakan Workshop dan Forum Group Discussion guna membahas Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Berbasis Academic Vision, pada l 16-17 November 2020 dan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada tanggal 18-19 November 2020 di Gedung LPMP Provinsi Sulawesi Selatan.

Acara ini dibuka Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar Ibu Dr. Hj. Ihyani Malik, S.Sos., M.Si.

Inline Ad

Pada sambutan pembukaan, dia menekankan pentingnya menyesuaikan Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi serta Kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman, kebutuhan pengguna alumni, dan kebijakan pendidikan.

Ihyani menambahkan tantangan pengembangan dan pengelolaan Prodi di Era Revolusi Industri 4.0 dimana Lulusan diarahkan pada kebutuhan dunia usaha dan industri perlu segera direspon oleh Program Studi.

Baca Juga:  Peduli Keselamatan Berkendara, Makassar New Port Laksanakan Defensive Driving Training

Kegiatan ini menghadirkan pakar dari Universitas Muhammadiyah Malang, Ibu Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si dengan materi Kriteria Visi, Misi, Tujuan, dan strategi berbasis Academic Vision dan Dr. Suranto, M.Pol dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Materi Pengembangan Kurikulum Berdasarkan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Selain itu pada sesi Forum Group Discussion menghadirkan dan memberi masukan untuk pengembangan Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi yaitu Sekretaris Jenderal Asosiasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AIPPTM), Sekretaris BKD Provinsi Sulawesi selatan, Perwakilan YASMIB Sulawesi, Perwakilan PT. Vale Indonesia, Dosen, Tenaga Kependidikan, perwakilan mahasiswa, dan alumni.

Pada FGD Pengembangan Kurikulum Menghadirkan Perwakilan Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia, Bapak Andi Luhur Prianto, S.IP., M.Si, Perwakilan Kopel Indonesia, Herman, dan Perwakilan Go-Jek Indonesia Branch Makassar, Kurniawan, S.IP, mahasiswa dan alumni.

Baca Juga:  CSED FEB Unismuh Makassar menjadi P2KTD Program Inovasi Desa Kemendes RI

Selama workshop dan FGD selamat empat hari didampingi oleh Dr. Khaeruddin, M.Pd selaku ketua LP2AI Unismuh Makassar dan Dr. Burhanuddin, M.Si selaku Wakil Dekan 1 Unismuh Makassar.

Menurut Ketua Prodi IP Unismuh Makassar, Ibu Dr. Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si, luaran dari workshop dan FGD ini adalah Dokumen Visi, Misi, Tujuan, Sasaran serta Kurikulum MBKM Prodi Ilmu Pemerintahan, Unismuh Makassar yang telah rampung akan segera diimplementasikan dalam proses belajar dan mengajar.(Harakan/Ulla)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.