Prof Jamaluddin: Prodi Favorit Bisnis Digital dan Studi Administrasi Publik di Universitas Muhammadiyah Sidrap

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Tiga tahun terakhir ini penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS) Rappang sangat signifikan kenaikan angka peminatnya.

Tahun pertama peralihan jadi universitas 2019 mahasiswa baru 360 orang. Tahun kedua 2020 naik menjadi 480 orang dan tahun ketiga 2021 melonjak jadi 750 orang.

Inline Ad

Demikian ditegaskan Rektor UMS Rappang, Prof Dr. Jamaluddin, S. Sos, M.Si kepada media Selasa (24/11/2021).

Dijelaskan, para mahasiswa itu menyebar memilih program studi yang di kelola kampus yakni pada 3 fakultas dan 11 program studi terbagi antara 10 program sarjana dan 1 program pasca sarjana.

Program Pascapascasarjana dengan prodi Magister Administrasi Publik (S2) dan prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (S2).

FKIP dengan prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (S1); Bahasa Inggris (S1); Teknologi Pendidikan (S1); Vokasional Teknik Pertanian; Vokasional Seni Kuliner

FISIP dengan prodi Administrasi Publik (S1); Ilmu Pemerintahan (S1).
Fakultas Sains dan Teknologi dengan prodi Agro Teknologi (S1); Studi Agribisnis (S1) Teknologi Hasil Pertanian (S1); Peternakan (S1)
Program Studi Ilmu Perikanan (S1).

Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan prodi Studi Bisnis Digital (S1); Kewirausahaan (S1). Fakultas Kesehatan dengan prodi Administrasi Kesehatan, kata Prof Jamaluddin.

Selama ini peminat lanjut kuliah di UMS Rappang bukan hanya dari daerah Sidrap dan sekitarnya tetapi malah datang dari seluruh Indonesia.

Prodi yang lagi fovorit jadi pilihan adalah Studi Bisnis Digital dan Studi Administrasi Publik.

Apalagi dengan program Pertukaran Mahasiswa Permata Nusantara ada sebanyak 58 mahasiswa PTN dan PTS dari seluruh Indonesia yang kini sedang berada di UMS Rappang mengikuti perkuliahan.

Menarik minat calon mahasiwa memilih kuliah di kampus sejumlah strategi telah di tempuh termasuk gencar melakukan sosialisasi lewat media sosial dan media massa.

Selain itu civitas akademika kampus juga gencar melakukan kunjungan dan silaturrahmi ke SLTA yang ada di Sidrap dan sekitarnya, ungkapnya.

Hal sama juga dilakukan dengan pelibatan stakholder, mahasiswa, alumni dan mitra kerja melakukan sosialisasi dan pengenalan kampus ke tengah masyarakat, tegas Profesor pertama di UMS Rappang ini.

Mendukung proses pembelajaran lebih berkualitas maka sumber daya dosen terus ditingkatkan kualitasnya. Total jumlah dosen 114, 1 dosen berkualifikasi Guru Besar, dan 31 berpendidikan doktor serta 11 dosen sedang merampungkan jenjang studi S3 di Unhas, ITB, UNM dan Unibraw Malang, tandasnya. (yahya).

Bottom ad

Leave a Reply