Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Yayasan Derana Karya Mandiri

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin mengapresiasi atas hadirnya Yayasan Derana Karya Mandiri.

Inline Ad

Hal ini diungkapkan, oleh Prof. Rudy saat Launching dan Penjajakan kerjasama di Balaikota Makassar, Kamis (19/11/2020).

Menurut Prof. Rudy, Yayasan Derana Karya Mandiri adalah yayasan bergerak dalam bidang  sosial, yakni pemberdayaan masyarakat yang kreatif dan peduli terhadap museum.

Ia menambahkan, Yayasan Derana Karya Mandiri merupakan yayasan sangat tepat untuk bekerjasama dengan Pemkot Makassar disamping mampu memberdayakan UMKM yang ada Kota Makassar nantinya.

“Kami juga akan dorong, agar ada kegiatan  peduli museum sejalan dengan rencana Pemkot Makassar akan merehabilitasi Museum milik Pemkot Makassar yang futuristik,” sebutnya

Prof Rudy menyebutkan, di Kota Makassar itu ada 6000 UMKM dan ini butuh promosi untuk Yayasan Derana Karya Mandiri nanti mampu berpartisipasi bersama dengan Pemkot Makassar juga rencana untuk melakukan rehabilitasi

Hal ini, sambung Prof. Rudy, Yayasan Derana Karya sangat dinantikan dan hari ini telah terbentuk. “Museum itu tempat barang tua. Untuk itu perlu tempat sangat futuristik yang menampilkan barang yang tua lebih modern. Dan saya kira Yayasan Derana Karya bisa mendukung agar museum ini bisa menjadi titik nantinya,” ungkap Prof. Rudy.

Baca Juga:  BKD Sulsel Umumkan Jadwal Ujian SKD Untuk CPNS

Sementara Ketua Yayasan Derana Karya Rita Tahir Lopa, memaparkan Yayasan Derana Karya Mandiri terbentuk dari sebuah project sebuah reuni. 8 (delapan) perempuan yang kemudian mendapat julukan tangguh, entah oleh siapa, berkolaborasi dengan 2 (dua) orang laki-laki yang juga tangguh, membentuk Yayasan Derana Karya Mandiri.

“Derana berasal dari kata Yunani, “draomai” yang artinya berbuat, berlaku, bertindak. Derana bisa diartikan sebagai suatu perbuatan atau tindakan yang dilandasi rasa tanggung jawab, tak kenal putus asa atau menyerah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Derana diartikan tangguh. Karya bermula dari lokakarya, suatu kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian dari acara temu alumni tersebut. Mandiri berarti bebas, independent, merdeka, otonom, sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bupati Selayar Jual Sampah Perdana

Rita menyatakan bahwa mereka memiliki misi Yayasan Derana antara lain, membangun kemandirian lokal, menguatkan pembangunan berkelanjutan, mewujudkan masyarakat sebagai katalisator pembangunan ekonomi, dan
mendorong masyarakat menciptakan Usaha Kreatif.

“Derana Karya Mandiri hadir untuk,
memberdayakan masyarakat sehingga memiliki peningkatan nilai kualitas SDM dalam melaksanakan aktivitas di bidang apa pun membantu dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup meningkatkan kualitas barang dan jasa yg dikelola oleh masyarakat mendorong masyarakat menciptakan usaha kreatif membantu pemerintah dalam implementasi kebijakan nasional dan daerah,” tandasnya.

Terkait layanan menurut Rita yakni membangun kemandirian lokal. Dan program yang akan dilakukan Yayasan Derana Karya antara lain pemberdayaan masyarakat pengabdian pada masyarakat, pengembangan edukasi .

Dan program yang menguatkan pembangunan berkelanjutan adalah
pengendalian pencemaran lingkungan, pengembangan edukasi lingkungan, penerapan prinsip 3R dalam pengelolaan sampah, pengembangan teknologi ramah lingkungan, pendampingan serta perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah

Sekadar diketahui yang turut hadir pada Launching dan Penjajakan kerjasama tersebut , Ida Suryani, Amiruddin Cambari, Ratna Dewi, dan Sutirta Rumansyah.

Baca Juga:  Penghargaan Pemkot, Nama Mantan Pemimpin Makassar Diabadikan

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.