PT Bumi Karsa Tangani Pengerjaan 7 Stasiun KA Jalur Pangkep – Maros

INIPASTI.COM, PANGKEP – PT Bumi Karsa yang berada di bawah naungan Kalla Development menjadi kontraktor utama  dalam Proyek Stasiun Kereta Api Makassar – Parepare.

Inline Ad

Dalam rangka, pengecoran pertama   PT Bumi Karsa melakukan kunjungan Kerja Proyek Stasiun Kereta Api Mandalle yang dihadiri oleh Kadishub Provinsi Sulawesi Selatan, Kadishub Kabupaten Pangkep, Kepala Kantor Pertanahan Pangkep, Ketua Pengadilan Negeri Pangkep, Kepala Dinas Penataan Ruang Kabupaten Pangkep.

Turut hadir jajaran direksi Kalla Group dan PT Bumi Karsa diantaranya Presiden Direktur Kalla Group, CEO Kalla Development & Construction, Direktur PT Bumi Karsa dan Direktur Teknik PT Celebes Railway Indonesia.


Acara dimulai dengan peninjauan salah satu stasiun yang sudah terbangun di Kab. Barru (Tanete Rilau) kemudian dirangkaian dengan Peninjauan Pengecoran Perdana Pile Cap oleh masing-masing pejabat yang hadir langsung.

Baca Juga:  Jamuan Santap Malam AAGN Puspayoga dengan Hidangan Khas Makassar

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi awal penyelesaian proyek kereta api secara keseluruhan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan” Ujar Kamaluddin, Direktur PT Bumi Karsa.

Pembangunan Jalur Kereta Api Trans Sulawesi Lintas Makassar – Parepare dimulai sejak tahun 2015 dan saat ini telah memasuki tahun ke 5. Pembangunan dimulai di Kabupaten Barru yaitu di dan telah diselesaikan 47 KM. Saat ini pembangunan dilanjutkan di Kabupaten Pangkep dan Maros sepanjang 59,6 KM. Pembangunan ditargetkan selesai pada Tahun 2021 meliputi jalur KA dan pembangunan 7 stasiun (Mandai, Maros, Rammang-rammang, Pangkajene, Labakkang, Ma’rang, dan Mandalle)

Sampai saat ini, progress pembangunan  stasiun Mandalle adalah yang terbesar disbanding stasiun lain yaitu sudah mencapai 24% dan ditargetkan akhir tahun 2020 dapat diselesaikan.Pekerjaan yang sudah diselesaikan secara garis besar adalah pekerjaan galian dan timbunan, pemasangan tiang pancang untuk fondasi, pembesian dan fabrikasi baja untuk struktut bawah dan baja profil.

Baca Juga:  Lampu Merah Buat Pemerintah; Harga Grosir naik, NTP Turun

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur, Jumardi berharap pemerintah daerah dapat merencanakan dan memanfaatkan pengembangan kawasan di sekitar Stasiun Mandalle sehingga dapat bermanfaat bagi masayarakat kabupaten Pangkep.

Setelah melakukan kunjungan pembangunan stasiun Mandalle, rombongan akan melihat stasiun yang sudah terbangun di kabupaten Barru, yaitu Stasiun Tanete Rilau, sekaligus uji coba naik kereta yang ada di lokasi tersebut.

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.