Ramuan Tradisional Dapat Cegah Virus Corona

(Foto: Halodoc.com)

INIPASTI.COM, SURABAYA – Warga Indonesia dibuat heboh setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan 2 orang positif terjangkit Virus Corona pada Senin (02/03/2020) kemarin. Kekhawatiran masyarakat bertambah setelah masyarakat depok mulai menyerbu bahan-bahan kebutuhan pokok.

Namun beberapa kalangan mengimbau agar masyarakat tidak terlalu panik dengan isu tersebut. Guru besar Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya Prof Dr Mangestuti Agil menyarankan agar masyarakat selalu menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan virus. Salah satu caranya ialah dengan mengonsumsi “empon-empon”.

Inline Ad

Empon-empon adalah bahasa lain dari rempah tradisional yang memiliki kandungan ampuh melawan bakteri serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Rempah tradisonal ini bahkan dipercaya mampu menangkal serangan Virus Corona pada tubuh.

“Dunia sedang dihebohkan dengan adanya Virus Corona. Maka, diperlukan kekebalan tubuh yang maksimal agar terhindar dari kemungkinan terkena penyebaran Virus Corona yang semakin masif. Yakni dengan empon-empon,” kata Prof Mangestuti di Unair, Senin (2/3/2020) sebagaimana dikutip dari detikcom.

Mangestuti mengatakan, tubuh manusia dilengkapi dengan imun atau kekebalan tubuh yang baik, untuk menjaga diri dari berbagai penyakit dan virus.

Baca Juga:  Kekurangan Perawat, Rumah Sakit Baru di London Kapasitas 4000 Tempat Tidur Tolak Pasien

“Namun saat manusia lengah dan daya imun itu turun, maka penyakit dan berbagai virus akan mudah datang serta menyebabkan tubuh menjadi sakit,” imbuh Dosen Fakultas Farmasi ini.

Dengan mengaplikasikan pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga, menjaga pola makan, dan manajemen stress yang baik, akan menjadikan sistem imun dalam tubuh semakin kuat.

“Kesemuanya itu sudah satu paket. Jika dijalankan dengan baik maka imunitas akan kuat dan membuat manusia sehat. Terhindar dari virus seperti Virus Corona,” imbuhnya.

Salah satu rempah tradisonal tersebut adalah kunyit. Kandungan anti oksidan dari kunyit terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari radikal bebas. Kandungan kurkumin yang juga terkandung dalam kunyit menjadi salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya.

Selain itu, kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh dan merangsang pertahanan antioksidan tubuh. Kunyit bisa dijadikan alternatif meningkatkan antioksidan dalam tubuh dengan dijadikan sebagai minuman seperti jamu.

Baca Juga:  Dalam Bayang-bayang Coronavirus, Umat Islam di Seluruh Dunia Memasuki Bulan Suci Ramadan yang Tak Biasa

Selain itu, ada juga jahe. Jahe berkhasiat menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu. Kandungan gingerol yang ada dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri. Seperti shigela, E.coli, dan lain-lain.

Mengonsumsi jahe juga dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh. Dengan mengkonsumsi jahe dapat mencegah kerusakan DNA dan stres. Bahkan, jahe dapat mengatasi pilek dan flu.

Mengkonsumsi rempah tradisional adalah cara terbaik menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, rempah tradisional juga merupakan warisan budaya bangsa. “Mari kita kembali renungkan cara hidup sehat yang sudah diwariskan oleh pendahulu kita. Sekali lagi mari kita kembali pada pola hidup sehat,” katanya.

Menurutnya, rempah lebih cepat diterima dan menyatu dengan tubuh. Bahkan itu sudah jadi hukum alam, asalkan dikonsumsi secara teratur. Minimal tiga kali dalam seminggu.

Selain kunyit dan jahe, temulawak juga memilik berbagai senyawa antibakteri dan jamur. Kandungan anti bakteri dalam temulawak memiliki manfaat cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sementara senyawa antijamur cukup ampuh menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

Baca Juga:  Mengaku Temukan Obat Virus Corona, FBI Tangkap Pria Ini

“Ingat, sudah sedari dulu empon-empon sudah menjadi bagian dari Indonesia. Masalahnya belum banyak masyarakat kita yang menaruh perhatian. Meski di era sekarang semua khasiat sudah teruji, diperlukan perhatian kita untuk kembali mengoptimalkan rempah-rempah yang ada di sekitar kita,” pungkasnya.

(Imanul Yakin)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.