Realisasi Investasi Triwulan I Capai Rp 2,7 Triliun

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulawesi Selatan, AM Yamin (Iin Nurfahraeni)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Provinsi Sulawesi Selatan mencatat nilai investasi bertumbuh positif di triwulan I, yaitu mencapai Rp 2,7 Triliun.

Nilai ini, mengalami kenaikan dibandingkan pada periode sama tahun 2018 lalu, yang tercatat nilainya Rp 2,1 Triliun.

Untuk Penanaman Modal Daerah Nasional (PMDN) di triwulan I yaitu Rp 679 miliar, nilai ini mengalami penurunan dibandingkan periode sama tahun 2018 mencapai Rp 1,48 triliun.

Sedangkan, Penanaman Modal Asing mencapai Rp 2,02 triliun nilai ini naik pada periode sama di tahun lalu, Rp 697 miliar.

Kepala Dinas PMPTSP, AM Yamin menyebutkan, nilai investasi pada triwulan I memperlihatkan trend yang cukup positif terutama di triwulan II, III dan IV biasanya akan naik.

Baca Juga:  Penghapusan Denda PKB di Sulsel Capai Rp 14 Triliun

“Sudah cukup bagus, biasanya inikan nilainya akan naik di triwulan berikutnya,”ujarnya.

Mengenai nilai investasi PMDN yang menurun dibanding tahun sebelumnya, Yamin menyatakan bahwa ini tidak bisa diperhitungkan karena setiap tahun biasanya siklusnya berubah kadang PMDN naik, PMA turun atau sebaliknya.

“Kalau faktor apa yang menyebabkan itu sangat susah diprediksi,”ujarnya

Namun, Ia tetap optimisme target yang ingin dicapai Rp 13 triliun bisa didapatkan melihat hasil yang dicapai pada triwulan I.

Baca Juga:  Sejumlah Perusahaan RI Terancam Gagal Bayar Utang

Sementara untuk investasi berdasarkan kabupaten dan kota, Yamin menyebutkan Makassar berada di peringkat I dengan nilai investasi Rp 1,4 triliun, Lutim Rp 705 miliar , kemudian Wajo Rp 291 miliar, Luwu Utara Rp 48 miliar, Tana Toraja Rp 35 miliar, dan Jeneponto Rp 26 miliar

Sedangkan untuk sektor investasi Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi, paling banyak dengan nilai Rp 978 miliar, kemudian pertambangan Rp 691 miliar

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.