Resmi! Menaker Tetapkan Upah Minimum Tidak Naik

INIPASTI.COM, JAKARTA– Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah resmi menentukan upah minimum di tahun 2021 tidak naik. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya, ini disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Upah minimum di tahun depan akan sama dengan upah minimum di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

Inline Ad

Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/ll/HK .04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tertuang didalamnya.

“Penetapan upah minimum tahun 2021 mempertimbangkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa pandemi COVID-19 dan perlunya pemulihan ekonomi nasional, diminta kepada gubernur untuk (1) melakukan penyesuaian penetapan nilai upah minimum tahun 2021 sama dengan nilai upah minimum tahun 2020,” kata Ida dikutip Selasa (27/10/2020).

Ida meminta para gubernur di Indonesia agar menyesuaikan upah minimum di tahun 2021 sama dengan tahun 2020. Upah minimum di tahun 2021 akan ditetapkan dan diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2020.

“Dalam rangka memberikan perlindungan dan kelangsungan bekerja bagi pekerja/buruh serta menjaga kelangsungan usaha, perlu dilakukan penyesuaian terhadap penetapan upah minimum pada situasi pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19,” ujar Ida.

Para gubernur diminta untuk menetapkan upah minimum lagi di setelah tahun 2021 sesuai peraturan yang berlaku.

Baca Juga:  Install Ulang Aplikasi FB dan Messenger Jika Alami ini
Baca Juga:  Masyarakat Palopo Diminta Ciptakan Daya Tarik Investor Masuk di Luwu Raya

Formula kenaikan upah minimum sendiri biasanya diperoleh dari hasil pertambahan inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Namun, di tahun ini pertumbuhan ekonomi anjlok dan inflasi berada di bawah 2,5%.

Meski begitu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal meminta agar upah minimum di tahun 2021 tetap naik, demi menghindari terjadinya demo lagi.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.