Sebut Urgent dalam Pemilu, NasDem Sulsel Perkuat Saksi di TPS

Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif.

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulawesi Selatan telah mempersiapkan saksi di setiap TPS untuk mengamankan suara partai saat pencoblosan 17 April 2019.

Sekretais DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif mengatakan NasDem sejak awal telah memiliki infrastruktur partai, salah satunya Komisi Saksi NasDem (KSN) yang mengawal suara partai setiap moment Pemilu.

“Alhamdulillah semua sudah siap untuk di seluruh TPS di Sulsel, semua perangkatnya sudah siap. Tinggal, menunggu hari H dan menunggu persiapan pelatihan saksi,” kata Syahar sapaan akrab Syaharuddin Alrif saat ditemui di DPRD Sulsel, Selasa 19 Maret 2019.

Pelatihan saksi sendiri bakal dilakukan 1 April nanti. Karena menurutnya saksi merupakan tumpuan terakhir dalam mengawal suara partai di TPS. Mulai dari proses menjaga serta mengumpulkan data dan mengamankan form C1.

Baca Juga:  Rongsokan Demokrasi pada Pilgub Sulsel

“Nah, tentu soal saksi adalah yang urgent dalam Pemilu. Karena disinilah tumpuan harapan terakhir untuk proses pengamanan, untuk proses menjaga, untuk proses mengumpulkan data, yang terhimpun dari seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ia menuturkan partai NasDem berbeda dengan partai lain yang mana setiap caleg mengurusi saksinya. Sedangkan di NasDem persoalan saksi akan di urus oleh KSN yang telah terbentuk.

“KSN sudah persiapkan sumber dayanya. Tinggal diteruskan ke lapangan,” tuturnya.

Baca Juga:  NH Wacanakan Paket Ical-None di Pilwali Makassar 2020

Namun, kata dia, pihaknya juga tak melarang jika ada caleg NasDem yang mempersiapkan saksi bayangan secara perorang di luar TPS. Sebab saksi resmi tetap dari TKN.

“Silakan diberi peluang (untuk saksi bayangan). Misalnya saya Caleg, saya berhak menempatkan saksi di situ. Tapi, saksi yang bisa masuk di TPS dan dapat C1 hanya satu (TKN),” terangnya.

Soal biaya saksi, Lanjut Syahar dibebankan kepada seluruh caleg. Berbeda dengan pemilu sebelumnya dimana biaya saksi ditanggung penuh oleh DPP.

(Muh. Seilessy)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.