Site icon Inipasti

Sediakan SDM untuk Operasional Kereta Api, PT SCI akan Libatkan Putera Daerah

INIPASTI.COM, MAKASSAR – PT Surya Citra Indonesia, nantinya akan menyiapkan Sumbar Daya Manusia yang diperuntukkan, buat operasional Kereta Api Makassar-Parepare.

Hal ini diungkapkan Direktur Pengembangan Usaha PT SCI Boedie Soesetyo. Ia menyebutkan, Perseroda akan mengambil bagian dalam penyediaan Sumber Daya Manusia yang tentunya membutuhan banyak pekerja, seperti masinis, kondektur.

“Kami terlibat dalam pengadaan SDMnya, termasuk sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pekerja nantinya, serta perawatan Kereta Api, mendukung kelancaran operasionalnya,” Paparnya.

Boedie menyebutkan semua harus dipikirkan, termasuk perawatan dari Kereta Api dan ini mulai dihitung kebutuhan, dan untuk menjadi manajemen pengelola Kereta Api ini diperlukan sertifikasi, “Yang punya sertifikasi ini hanya PT KAI, dan kami akan melibatkan putera daerah, pastinya melalui wadah SCI,” ujar Boedie.

Lebih jauh, Boedie menyebutkan tentunya dalam waktu dekat ini tidak bisa langsung dilakukan, namun secara bertahap ada transfer knowladge, untuk mengantikan tenaga KAI , “Saat ini semua dalam persiapan. Mungkin tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat, mungkin untuk staf kantor akan dibuka peluang kerjanya,” paparnya.

Seperti diketahui, Kedua perusahaan PT SCI dan PT KAI  melakukan perjanjian kerjasama pada 19 Juli lalu di Jakarta.Dimana ini menjadi pertama di Indonesia terlibatnya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam pengelolaan Kereta Api.

(Iin Nurfahraeni)

Exit mobile version