Segera Hadir di Maros InstitutTeknologi Permata Ilmu (ITPI) Membuka Lima Program Studi

Pemaparan rencana pendirian kampus baru di hadapan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si, Senin (8/7/2019).
Top Ad

INIPASTI.COM, MAROS – Kampus baru Institut Teknologi Permata Ilmu (ITPI) segera hadir dan beroperasi di Maros.

Kampus ini beralamat di Kelurahan Pallantikang Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros.

Langkah awal akan membuka 5 prodi yaitu Biologi Terapan (S1), Kimia (S1), Kewirausahaan (S1), Pengelolaan Sumberdaya Perairan (S1) dan Administrasi Kesehatan (S1).

Demikian ditegaskan Ketua Yayasan Islam Permata Ilmu (YAPI) Maros) selaku badan penyelenggara ITPI Maros, Dr H Syahruddin, S.Pd, M.Pd.

Usai memaparkan rencana pendirian kampus baru di hadapan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si, Senin (8/7/2019).

Turut mendampingi Prof Jasruddin, Plt Sekretaris Pelaksana LLDIKTI IX, Muhammad Amir SH MH, Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi, Munawir S Razak, S.Ip, MA.

Dijelaskan, secara prinsip pendirian ITPI Maros dan ke-5 program studi buru yang akan buka telah mendapatkan rekomendasi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo.

Baca Juga:  Pimpinan PTS se-Sulawesi¬† Deklarasi Kebangsaan di Anjungan Losari

Dan untuk selanjutnya diusulkan ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI di Jakarta.

Ciri khas alumni ITPI Maros adalah semua lulusan diharuskan bisa menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris secara aktif.

Untuk itu, pada kurikulum yang ditawarkan harus ada mata kuliah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris tiap semester yang wajib diprogramkan oleh mahasiswa, tegas Dosen DPK di Unismuh Makassar.

ITPI Maros telah memiliki gedung permanen berlantai dua di atas lahan seluas kurang lebih satu hektar, dilengkapi ruang kuliah 5 buah, ruang laboratorium biologi dasar, laboratorium kimia dasar.

Selain itu juga ada laboratorium kesehatan dasar, laboratorium bahasa, ruang perpustakaan, ruang administrasi dan akademik, ruang dosen, ruang pimpinan perguruan tinggi, ruang yayasan, dan mesjid.

Awal pendirian ITPI Maros digagas oleh Dr. H. Syahruddin, S.Pd., M.Pd, Dr. Lukman Daris, S.Pi., M.Si, Dr. Ismail Marzuki, S.Si., M.Si dan Sattar Yunus, S.Pd., ST., M.Si., Ph.D.

Baca Juga:  BAN-S/M Sulsel Punya 434 Tenaga Asesor

Kemudian dibentuklah Tim Pendirian dan Penyusun Borang Prodi yang dikoordinir oleh Dr. Lukman Daris dengan anggotanya Dr. Ismail Marzuki, Dr. Sattar Yunus, Dr. Khairun Nisaa, St. Hadijah, SE., MM, Jaya, S.Pi., M.Si dan Andi Masriah, S.Pi., M.Si.

Proses perekrutan dosen dan penyusunan barang program.studi ini terbilang cukup singkat, karena tidak cukup 5 bulan.

ITPI Maros ini direncanakan sudah dapat menerima mahasiswa baru pada tahun akademik.2020/2021 yang akan datang, jelas Dr. Lukman Daris yang juga Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Universitas Cokroaminoto Makassar.

Pemilihan program studi yang dibuka pada ITPI Maros didasarkan pada kebutuhan masyarakat Maros dan sekitarnya saat ini.

Di samping itu, program studi tersebut juga belum tersedia pada perguruan tinggi yang ada disekitarnya, tegas mantan Kepala ULP Kab. Maros tersebut. (yahya)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.