Sekolah Pascasarjana Unhas Gelar Webinar Bahas Bumi dan Sampah Plastik

Top Ad

INIPASTI.COM, Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan webinar yang mengusung tema “Membebaskan Bumi dari Sampah Plastik”. Kegiatan dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara CEO PT. Mall Sampah (Adi Saifullah Putra) dan Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, Ph.D) terkait pengelolaan sampah yang efektif dan efisien.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara luring terbatas di Aula Prof. Fachruddin, Sekolah Pascasarjana Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (05/07).

Inline Ad

Hadir sebagai narasumber yakni Prof. Dr. Akbar Tahir, M.Sc., (Koordinator Divisi Perubahan Iklim dan Lingkungan SDGs Center Unhas), Prof. Dr. Ir. Winarni Monoarfa, MS., (Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah, KLHK), Sitti Mauludy Khairina, ST., (Asisten Eksekutif Guna Olah Limbah) dan Adi Saifullah Putra, SH., MH., (CEO PT. Mall Sampah).

Mengawali kegiatan, Koordinator SDGs Unhas Drs. Muhammad Yusri Zamhuri, SE., MA., Ph.D., menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud komitmen Unhas dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan global.

Webinar tersebut menjadi wadah membicarakan serta mendiskusikan terkait penanganan sampah dan dampaknya pada berbagai aspek seperti kesehatan dan perekonomian masyarakat.

“Ini menjadi peran nyata universitas dalam mendukung pencapaian SDGs, kegiatan seperti ini tidak hanya berdampak pada satu tujuan SDGs. Akan tetapi, beberapa goals lainnya yang memang saling berkaitan,” ungkap Drs. Yusri.

Pada kesempatan yang sama, CEO PT. Mall Sampah Adi Syaifullah Putra dalam sambutannya merasa senang atas keterlibatan mendukung tujuan SDGs Center Unhas. Sebagai satu start up yang berdiri pada 2015, telah berfokus pada layanan yang hadir dengan solusi untuk menangani sampah. Selain berdampak pada lingkungan, juga mendorong peningkatan penghasilan bagi para pengepul.

Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, Ph.D., mengatakan SDGs Unhas melakukan berbagai aktivitas dalam mencapai 17 tujuan tujuan SDGs. Meskipun tindakannya kecil, akan tetapi memiliki semangat besar dan bermanfaat bagi masyarakat serta memastikan sampah akan didaur ulang dan menjadi gerakan kolektif.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi dan kebanggaan tersendiri atas gerakan inisiatif Sekolah Pascasarjana bersama SDGs Center Unhas dalam mendukung pencapaian 17 tujuan dengan berbagai tindakan nyata.

Kegiatan webinar sekaligus kesepakatan kerja sama Sekolah Pascasarjana dengan Mall Sampah dalam pengelolaan sampah yang efektif dan efisien.

Prof. Narsum mengatakan peran Unhas dalam mendukung SDGs mendapatkan penghargaan dari Times Higher Education (THE) yang setiap tahun mengukur peringkat impak (impact ranking) setiap universitas di seluruh dunia. THE mengukur perguruan tinggi di dunia mengadopsi prinsip-prinsip Sustainable Development Goals (SDGs).

“Unhas mencatatkan prestasi spektakuler dalam capaian THE Impact Ranking untuk tema SDGs. Tahun ini kita langsung melesat ke posisi 2 nasional dan 79 besar dunia. Capaian ini sangat membanggakan, mengingat kompleksnya variabel penilaian yang mencakup 17 tujuan SDGs,” jelas Prof. Nasrum.

Setelah pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan webinar yang menghadirkan para narasumber ahli. Kegiatan yang dipandu oleh Nurul Masyiah Rani Harusi, ST., M.Eng (Dosen Teknik Lingkungan FT Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 200 peserta berlangsung lancar hingga pukul 12.30 Wita (*/mir).

Makassar, 5 Juli 2021

Kasubdit Humas dan Informasi Publik
Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Ishaq Rahman, AMIPR

Bottom ad

Leave a Reply