Situng KPU: Jokowi 55,12 Persen, Prabowo 44,88 Persen

Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA – Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menunjukkan keunggulan capres-cawapres 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Hingga Selasa (23/4), Jokowi-Ma’rif memperoleh suara 55,12 persen, sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan suara 44,88 persen.

Data penghitungan suara pilpres yang dipampang dalam Situng KPU masih terus bergerak. Saat ini data yang masuk berasal dari 163.180 TPS atau hanya 20,06 persen dari 813.350 TPS.

Dengan persentase 55, 12 persen, Jokowi memperoleh 17.022.426 suara. Sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapatkan 13.861.031 suara. Jokowi-Ma’ruf unggui di beberapa provinsi seperti Sumatra Utara, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Baca Juga:  PKPU Abu Tour Semakin Simpang Siur

Sedangkan Prabowo-Sandiaga sementara ini unggul di Sumatra Barat, Jambi, Aceh, Banten, Riau, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Situng KPU memiliki fungsi sebagai alat tranparansi penghitungan dan rekapitulasi suara pemilu. Masyarakat dipersilakan memantau dan mengawasi data yang direkapitulasi supaya tidak terjadi kesalahan.

Jika publik menemukan kesalahan data, KPU dapat segera merevisi laporannya. “Itulah dampak dari transparansi kerja KPU. Publik bisa mengoreksi, publik bisa mengkritisi, dan KPU selalu responsif terhadap hak-hak itu,” kata Komisioner KPU Viryan. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.