Site icon Inipasti

Sosbang di Takalar, Rangga Bahas Kecintaan Terhadap Pahlawan dan NKRI

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Jadwal pelaksanaan kegiatan sosialisasi nilai nilai kebangsaan sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan Badan Musyawarah DPRD Provinsi Sulawesi Selatan hari Jumat – Minggu (12 – 14 November 2021).

Sebagai bagian dari tugas konstitusi
Fahruddin Ragga selaku anggota fraksi partai Golkar DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, menuturkan, melaksanakan kegiatan sosialisasi Nilai-nilai kebangsaan yang dirangkaikan dengan hari pahlawan sebagai wujud kecintaan dan penghargaan kepada para pahlawan pejuang kemerdekaan yan merupakan bagian dari nilai nilai kebangsaan.

“Pelaksanaan titik pertama mengambil tempat di aula pertemuan Balai Istana Desa Pa’lalakkang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, dan berlanjut jadwal titik kedua akan dilaksanakan di Kelurahan Bontolebang Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar,” ujarnya, Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan sosialisais ini mengambil tema “kepahlawanan” karena bertepatan dengan peringatan hari pahlawan 10 November 2021, dalam kegiatan sosialisasi ini Fahruddin Rangga menghadirkan narasumber utama DR. H. Burhanuddin B, SE, dipanelkan dengan narasumber Drs. Abdullah, MM yang memberikan materi tentang nilai dan makna kepahlawanan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini dihadiri ratusan masyarakat dari keterwakilan beberapa elemen masyarakat. Adapun elemen masyarakat yang hadir adalah keterwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas, perwakilan parpol.

“Juga tokoh pemuda dan tokoh perempuan dari beberapa desa/dusun yang ada di wilayah kecamatan Galesong, kehadiran dan respon peserta begitu antusias mengikuti penjelasan dari masing masing narasumber kegiatan sosialisasi ini,” jelas Fahruddin Rangga.

Sebagai Penanggungjawab kegiatan sosialisasi nilai nilai kebangsaan, Fahruddin Rangga menggambarkan prinsip -prinsip dasar perlunya kegiatan sosialisasi nilai nilai kebangsaan ini dilakukan disamping sebagai bentuk rasa kecintaan terhadap nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan.

“Juga sebagai tambahan pengetahuan dan pemahaman terhadap kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta bagaimana menumbuhkan rasa patriotisme dalam diri kita bukan hanya sekedar slogan tetapi perlu secara mendalam memahami makna nya,” kata Rangga sapaan akrab Fahruddin Rangga.

Sebagai penutup dari kegiatan sosialisasi ini Rangga menyampaikan bahwa tugas konstitusi yang kami jalankan hari ini adalah merupakan langkah bagimana kita dapat lebih menumbuhkan rasa cinta berbangsa dan bernegara.

“Karena tanpa kita sadari bahwa kita sudah mengambil peran dalam menumbuhkan dan menanamkan nilai nilai kebangsaan kita. Sebagai penutup bahwa dalam pelaksanaan sosialisasi ini kita tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) masa pandemi covid 19,” demikian kuncinya.

Sedangkan, Dr. H. Burhanuddin B, SE, Ak. MSi sebagai narasumber utama mengatakan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, melalui anggota DPRD Sulsel dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi nilai nilai kebangsaan perlu disikapi secara bijak dan direspon positif karena ini sebuah langkah positif untuk lebih memberikan pemahaman yang mendalam.

“Terhadap nilai nilai terkandung dalam 4 pilar kebangsaan yakni UUD 45, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Oleh karena nya bangsa ini besar dan disegani karena rasa persatuan dan patriotisme nya yang tinggi terhadap NKRI,” jelasnya.

Materi kepahlawanan yang disampaikan oleh Drs. Abdullah, MM sebagai narasumber kedua lebih kepada hal yang mengangkat nilai nilai kepahlawanan dan yang lebih memperkokoh rasa solidaritas dan kebersamaan sesama anak bangsa.

“Dan menghormati bentuk pengorbanan para pendahulu kita yakni para pahlawan, oleh karena itu kegiatan sosialisasi seperti ini adalah bagian dari menumbuhkan nilai nilai kebangsaan kita,” tuturnya.

(Muh. Seilessy)

Exit mobile version