Sosok Birokrat Cendekiawan Yang Produktif Menulis Buku

Dr Nur Aswar Badulu, M. Si,

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Birokrat yang satu ini Dr. H. Nur Aswar Badulu, S. Ag, M. Si, termasuk sedikit di antara sekian banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkarya selaku pelayan dan abdi masyarakat, tetapi masih sempat rampungkan studi doktor komunikasi Islam di PPs-UIN Alauddin dan menulis puluhan buku teks.

Kepala Seksi Bimbingan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar, boleh dikata sosok birokrat yang juga cendekiwan. Bagaimana tidak, ditengah rutinitasnya menjadi pelayan rakyat masih sempat membagi waktu menuangkan ide dan gagasan kemudian diterbitkan dalam bentuk buku.

Inline Ad

Buku paling terbaru yang ditulis dan telah diluncurkan MUI Selayar 28 Januari dan HMI Selayar 5 Pebruari 2017 di Benteng Selayar. Buku itu berjudul, Destinasi Wisata Religius (Studi Taman Laut Nasional Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar). Buku ini terbit Desember 2016 oleh penerbit Fahmis Pustaka Makassar. Editor buku yakni; Muhammad Yahya, Sulaeman Saat dan Ashar Sinilele.

Baca Juga:  Kisah Pilu Barbie Asal Gowa, Sekarang Sukses Jadi Pemilik Salon

Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali, memberi kata prolog dan Kakanwil Kemenag Sulsel, Drs. H. Abd Wahid Tahir, M.Ag juga memberi kata epilog. Bupati Selayar Basli Ali mengatakan, buku yang ditulis Nur Aswar dapat dijadikan sebagai salah satu sumber data dan informasi untuk kepentingan penyusunan, perencanaan, pelaksanan dan pengendalian pembangunan Agama Islam khususnya menyangkut dakwah.

Kakanwil Kemenag Sulsel, Abd Wahid Tahir menilai, sosok birokrat seperti Nur Aswar masih dihitung jari yang mampu membagi waktunya di tengah rutinitas selaku birokrat melayani ummat dalam bidang keagamaan masih tetap bersemangat melakukan aktivitas sosial dan melanjukan jenjang pendidikan S3, dan figure seperti Aswar masih relative kurang di jajaran Kanwil Kemenag Sulsel, kata Wahid.
Sosok pria kelahiran Ujung Jampea, Selayar, 24 Juni 1973, telah menulis karya buku sebanyak 12 judul belum lagi artikel lainnya. Birokrat produktif menulis buku ini, mampu memadukan tugas pokok selaku pelayan masyarakat dengan kemampuan kreatif dan inovatif menuliskan gagasannya dalam bentuk tulisan dalam buku-buku yang telah ditulisnya.

Baca Juga:  Kisah Ningsih Pedagang Boneka di Tengah Perkembangan Zaman

Buku yang pernah ditulis di antaranya; Orang selayar Membaca, Wakil Rakyat dari Tanah Doang, Ince Langke Bukan Politisi Biasa, Selayar Meretas Kemiskinan Nelayan, kilas Balik Legislatif Pemilu 2004-2009, Perkawinan Orang Selayar serta Merangkai Etos Kerja Dalam budaya Kinerja PNS.

Jenjang pendidikan diawali dari SDN Tauladan Kalukuang Makassar, 1987. SMP Benteng 1991. SMA Benteng Selayar 1996. S1 IAIN Alauddin Makassar Fakultas Syari’ah Jurusan Peradilan Agama 2003. S2 PPs-Unhas Komunikasi Massa. Doktor Komunikasi Islam PPs-UIN Alauddin 2015.

Perkawinannya dengan Ponno H. Pareppai, S. Ag, S. Pd , Guru SD Inpres I Benteng dan dikarunia 3 anak, 2 Putri Nourah Wihdatusyu’ur Aswar dan Fathirah Mahbubah H. Aswar, 1 Putra Muhammad Mughni H. Aswar. (yahya)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad