Suasana Ramadhan di Desa Malaha Kolaka Kembali Ramai di Masjid Babussalam

INIPASTI.COM, KOLAKA — Bulan Suci Ramadhan 1443 H, suasananya kembali mulai ramai setelah dua tahun terakhir dilanda wabah Covid-19 dengan pembatasan sosial yang cukup ketat.

Kasus Covid yang mulai melandai sehingga warga Desa Malaha, Kecamatan Samaturu Kolaka, terasa sudah mulai ramai dan berbondong-bondong ke salah satu masjid di desa itu yakni, Masjid Babussalam.

Inline Ad

Seperti terasa suasana dan nuansa pada malam Ke-11 Ramadhan, Rabu, 13 April 2022, jamaah masjid orang tua, remaja dan anak anak memenuhi ruang masjid Masjid untuk melaksanakan ibadah salat tarwih.

Bulan suci Ramadhan ini banyak dimanfaatkan meraih amalan ibadah sebanyak mungkin. Selain itu juga merupakan bulan dinantikan ummat Islam. Sehingga masjid di malam malam Ramadhan selalu penuh dengan semangat warga melaksanakan salat tarwih.

Bukan hanya warga desa Malaha yang datang beribadah melainkan ada beberapa anak remaja yang berdomisili di Makassar kembali ke kampung halaman melaksanakan salat tarwih bersama keluarga.

“Saya asli warga disini akan tetapi berdomisili di Makassar sebab saya kuliah di UIN Alauddin Makassar sudah lama saya tidak menginjak kampung halaman bahkan KTP saya sudah KTP Makassar, ungkap Miranda Mahasiswa UIN Alauddin Makassar ini.

Ramadhan adalah bulan suci dan penuh keberkahan sehingga ummat Islam menyambut bulan suci Ramadhan dengan begitu antusias.

Suasana ramai juga terasa menjelang buka puasa. Warga sekitar masjid datang membawa aneka jenis kue dan minuman pembuka puasa.

Orang tua, remaja dan anak anak terlihat meramaikan buka puasa dengan duduk bersila di dalam masjid menanti waktu berbuka.

Kegembiraan dan kebahagiaan anak anak juga terlihat dalam buka puasa di masjid selama Ramadhan. ***

Laporan: Andi Nuralifah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.