Sulsel Canangkan Satgas Siaga Narkoba

Upacara senin di Kantor Balai kota Makassar, Senin (10/10). Dalam pidato seragam Gubernur Sulsel, disebutkan akan dibentuk Satgas Narkoba, Terorisme, dan Radikalisme. (Foto : Zulaeman)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mencanangkan satuan tugas (Satgas) pengedaran narkoba. Selain itu, satgas ini juga berfungsi melawan terorisme dan radikalisme. Ia menekankan pentingnya pembentukan Satgas mengingat lokasi strategis Sulsel dan maraknya penggunaan narkoba.

Pencanangan ini disebut SYL pada sambutan seragam kepada seluruh pimpinan daerah se-Sulsel. Dalam sambutan seragam itu, SYL menyebutkan kalau Sulsel merupakan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia melalui jalur darat, laut, dan udara. Karena posisi itu sehingga Sulsel berpotensi dijadikan jalur masuknya terorisme, radikalisme dan pengedaran narkoba.

“Penyalahgunaan narkoba intensitasnya semakin meningkat bahkan diperkirakan korbannya mencapai 5 juta orang,” urai Staf Ahli Wali Kota Bidang Penguatan Struktur Ekonomi Abdul Azis Hasan membacakan sambutan tersebut di halaman kantor Wali Kota Makassar, Senin (10/10).

Baca Juga:  SYL Hadiri HKG ke-44, Indira Harap Kadernya Lebih Semangat

Pembentukan Satgas ini bertujuan menyiapkan kader pelaksana di lapangan. Kader itulah nanti yang diharapkan bertugas sebagai jejaring informasi bagi pemerintah provinsi. Seperti memberikan penjelasan dan pemahaman tentang bahaya terorisme, radikalisme, dan penggunaan narkoba.

“Kita membutuhkan semangat perubahan untuk membangkitkan kemajuan bangsa Indonesia yang berkarakter. Melalui pencanangan ini diharapkan dapat mengubah karakter, dan mentalitas aparat pemerintah dan masyarakat untuk berperilaku hidup dengan menerapkan budaya melayani, budaya tertib, dan budaya bersih,” tambah Abdul Azis.

Dalam sambutan itu pun diuraikan beberapa poin untuk menghindari pengaruh terorisme, radikalisme dan narkoba. Abdul Azis menyebutkan kalau masyarakat haru memulai dari yang terkecil di lingkungan keluarga dan memperkuat silaturrahmi. “Memperkuat masyarakat karena mereka memiliki resistan yang kuat, memperkuat pola pendidikan kebangsaan generasi muda, menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, memperkuat nilai kearifan lokal serta meningkatkan kesetiakawanan sosial,” urainya.

Baca Juga:  Revisi UMP Sulsel, Buruh Diminta Sabar

Selain Satgas tersebut juga dicanangkan Gugus Tugas Gerakan Sulsel Melayani, Sulsel Tertib dan Sulsel Bersih. Pencanangan ini dilakukan secara bersamaan di seluruh kabupaten/kota, kecamatan, desa dan kelurahan se-Sulsel.(*)

Baca juga : YK2PN Makassar Gandeng TNI Antisipasi Narkoba

//

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.