Sumarsono Motivasi Siswa Baru Saat MPLS

Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono saat berbaur bersama dengan para peserta didik baru, mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

INIPASTI.COM,MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono secara resmi membuka Masa Orientasi Siswa (MOS) atau masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) serentak tingkat SMA/SMK se-Sulsel di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel di Jalan Sungai Tangka, Makassar, Kamis (19/7/2018).

Sebelum memberikan sambutan Soni Sumarsono memberikan quiz dengan hadiah berupa tabungan Rp500 ribu kepada mereka yang berhasil menjawab. Pertanyaan yang dilontarkan seperti nama Presiden pertama RI, nama Gubernur Sulsel sebelum dirinya, nama Wapres RI dari Sulsel dan jumlah sekolah SMA/SMK di Sulsel.

Inline Ad

Sumarsono memompa motivasi mereka agar tetap semangat dalam menuntut ilmu dan meraih cita-cita setinggi-tingginya.
“Saya berharap anakku, semunya belajar dengan tekun, kemudian punya cita-cita yang tinggi, setelah menjalani semua ini (SMA) melanjutkan menjadi mahasiswa,” kata Sumarsono.

Selanjutnya menyampaikan agar siswa adaptik terhadap perubahan, termasuk mereka dari SMP ke SMA. Saat ini, di Sulsel juga sudah tidak dikenal adanya sekolah favorit dan non-favorit.

“Sekolah favorit saya hilangkan semua, sekolah sama gurunya dan sarananya. Oleh karena itu melalui sistem baru diterapkan ini adalah mencoba untuk mengurangi perbedaan antar sekolah,” sebutnya.

Sebagai seorang pelajar, siswa harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu berinovasi. Ia juga berharap dalam PLS ini, guru-guru dapat aktif memberikan pengenalan sekolah dan lingkunganya.

“Dalam proses pembelajaran ini mengedepankan akal budi, akal budi tanpa pengetahuan adalah laksana tanah yang tak pernah di olah. Laksana raga manusia yang kekurangan makan karen itu terus meningkatkan pengetahuan bagi siswa baru semuanya,” harapnya.

Ia juga menyampaikan hasil rapat nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari tingkat evaluasi nasioanal Sulsel yang terbaik.

“Alhamdulillah, seluruh proses penerimaan siswa baru di tingkat SMA, PPDB ini Provinsi Sulsel merupakan provinsi terbaik penyelenggaraan karena itu saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu proses penerimaan,” pungkasnya.

(Iin Nurfahraeni)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.