Sumarsono Sebut Tiga Langkah Ini Untuk Buka Akses Penerbangan Toraja

INIPASTI.COM, TANA TORAJA – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono membeberkan tiga hal yang akan dilakukan dalam memperjuangkan agar aksesbilitas untuk Toraja tidak lagi terkendala.

Dirjen Otonomi daerah ini akan melakukan tiga langkah untuk mewujudkan hal tersebut. Langkah pertama, adalah mengajukan secepatnya ke Menteri Perhubungan untuk membuka pernerbangan tujuan Toraja. Ini akan menjadi priotas pertamanya saat tiba di Makassar. Dan berkoordinasi langsung dengan Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae.

Inline Ad

“Sudah ada maskapai yang setuju, yaitu Lion Air, namun izin trayeknya belum ada, maka tugas saya sebagai gubernur adalah Kementrian Perhubungan,” kata Sumarsono, Jumat (20/7/2018) sore.

Kemudian kedua adalah penerbangan dengan opsi subsidi silang, berbicara Toraja maka akan membicarakan akses dua daerah Tana Toraja dan Toraja Utara, termasuk Enrekang.

Baca Juga:  Sumarsono Lantik 95 Pejabat Lingkup Pemprov

“Maka provinsi harus ikut menangani karena sifatnya lintas kabupaten-kota, maka Pemerintah Provinsi harus memberikan subsisi,” sebutnya.

Dengan menggunakan baju adat Toraja, Tenun Toraja dan Passapu. Ia mengaku merasa terdorong agar daerah ini bisa dirasakan oleh masyarakat manfaatnya.

Ketiga, jika belum jelas respon pusat. Maka, Ia akan berusaha mengundang Jokowi melihat langsung Toraja. “Kalau ini masih lama nda jelas, Pemerintah Provinsi Sulsel akan melakukan penguatan surat meminta Pak Presiden hadir di Tana Toraja hadir di bulan Desember (Lovely Desember). Saya sebagai gubernur akan bersurat menjadi penguatan aspirasi butuh transportasi udara,” paparnya.

Bahkan Ia akan mengundang sebelum masa Jabatannya berakhir. Dirirnya yakin, Jokowi akan mewujudkan ini, apalagi merupakan kebutuhan masyarakat. Konsep Nawa Cita adalah negara hadir di masyarakat dan hadir ditengah masyarakat.

Baca Juga:  KM Lestari Maju Kandas, Sumarsono Beri Instruksi Khusus

Ia berjanji juga akan hadir dalam HUT Tana Toraja pada 31 Agustus mendatang, besok diangendakan akan menghadiri HUT Kabupaten Toraja Utara. Baginya Toraja adalah daerah yang kaya dengan masyarakat yang ramah dan juga merupakan bagian dari pengambaran pluralisme di Sulsel.

“Toraja ini the land of smiling people, Saya saja orang luar bangga, apalagi anda orang Toraja harus bangga,” pungkasnya.

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.