Tata Kawasan Kumuh, Pemkot Makassar Dapat Dukungan DPRD

Diskusi Publik tentang Urgensi Hunian Layak di Hotel Imawan, Jalan Pengayoman, Rabu, (22/02/17).

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Diskusi Publik kembali digelar oleh Pemerintah Kota Makassar. Kali ini dengan tema ‘Urgensi Hunian Layak di Kota Makassar dalam Menghadapi Urbanisasi dan Bonus Demografi’. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Makassar, Fathur Rahim menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai salah satu langkah dalam upaya Pemkot Makassar untuk menata kawasan kumuh diberbagai lokasi di Kota Makassar.

“Segala kehidupan kita berawal dari rumah. Oleh karena itu, berbagai upaya dan strategi telah dilakukan oleh Wali Kota Makassar dalam menghadapi pertumbuhan penduduk di Kota Makassar dan Urbanisasi. Dan salah satu strategi pemerintah kota yakni bagaimana hunian layak dan bagaimana pertumbuhan ekonomi kita terus meningkat di Kota Makassar,” ujarnya pada acara yang berlangsung di Hotel Imawan, Jalan Pengayoman, Rabu, (22/02/17).

Pada sektor Kawasan Kumuh atau Slum Area, menurut Fathur, secara garis besar Pemkot Makassar sudah menjawab itu semua. Misalnya, sebutnya, bedah rumah, penataan kawasan kumuh, penataan ‘biringkanal’ dan BSPS. Kesemuanya itu, kata Fathur, merupakan strategi Wali Kota Makassar untuk menekan angka backlog perumahan yang ada di Kota Makassar.

Baca Juga:  Ingin Pejabatnya Kompeten, Danny Siapkan Assessment

“Baru-baru ini Monas Universcity Australia dan ADB (Asian Development Bank,red) melakukan kunjungan ke Kota Makassar dalam rangka bekerja sama dengan Pemkot Makassar untuk penataan slum area. Ini menandakan Pemkot Makassar terus melakukan perubahan-perubahan untuk menghilangkan kesenjangan dengan cara menekan pertumbuhan backlog melalui program yang langsung menyentuh kepada masyarakat, salah satunya adalah penataan kawasan kumuh,” tambahnya.

Di tempat yang sama Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar dari Fraksi Demokrat, Adi Rasyid Ali (ARA) mengatakan mendukung penuh program tersebut. ARA yang juga merupakan Ketua Badan Anggaran mengaku akan terus mendorong apa yang menjadi program kerja Wali Kota Makassar, khususnya dalam hal hunian yang layak.

Baca Juga:  Petinggi Luwu Raya Pamer Kekompakan dengan Cakka

“Kami di DPRD tentu sangat mendukung dan mem-backup apa yang menjadi program oleh Wali Kota Makassar dan jajaranya. Khusus untuk hunian layak, tentu ini menjadi salah satu strategi dalam mewujudkan Makassar Dua Kali Tambah baik,” ujarnya.

Menurutnya, semua kesenjangan yang ada di masyarakat harus di hilangkan dengan pola-pola seperti yang diprogramkan oleh Pemkot Makassar tersebut. Ia pun mengaku optimis bahwa apa yang menjadi cita-cita Pemkot dan DPRD Kota Makassar bisa tercapai.

Atas dukungan tersebut, Fathur Rahim menambahkan bahwa pihaknya tentu akan terus mengawal amanah dan tanggung jawab DPKP. Ia pun optimis akan bisa menciptakan hunian yang layak bagi masyarakat Kota Makassar. “Ditambah sinergitas yang tinggi antara DPRD dan Pemkot Makassar, kita optimis Pemkot akan menjawab itu semua,” tutupnya.