Terima Anugrah Kick Andy Heroes, Iwan Dento Terimakasih Kepada Mentan SYL

INIPASTI.COM, JAKARTA – Iwan Dento (42), aktivis lingkungan warga Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dianugrahi Kick Andy Heroes 2022 sebagai penjaga alam Karst Rammang Rammang. Iwan tak kuasa menahan haru karena perjuanganya selama ini mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk dukungan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sejak dia menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan hingga Menteri Pertanian.

“Kalau bicara Ramang-ramang pertama kita bicara soal kehidupan dan kedua kita bicara soal identitas. Ada peninggalan leluhur kami yang berusia 42000 tahun lalu. Saya mengucapkan terimakasih kepada orang tua saya, Bapak Syahrul Yasin Limpo atas semua dukungan yang diberikan,” ujar Iwan, Minggu, 27 Maret 2022.

Inline Ad

Menurut Iwan, peran SYL dalam membangun desa wisata memang sangat besar, dimana sepanjang ingatannya, SYL, sejak menjadi gubernur terus memberi dukungan penuh dan semangat keadilan ekologi demi kelestarian lingkungan dan warisan alam yang bisa dinikmati masyarakat luas. Kini, Ramang-ramang menjadi salah satu Wajah pariwisata Indonesia.

“Awal lahirnya Rammang-rammang adalah festival pulmon tahun 2015 lalu yang dibuat oleh Pak SYL waktu jadi gubernur. Festival itu juga yang kemudian menjadi tolak ukur desa wisata sampai hari ini,” katanya.

Saat ini, Iwan bersama komunitas jaringannya sedang memperjuangkan Karst Rammang-rammang agar bisa masuk dalam golongan UNESCO Global Geopark sebagai upaya perlindungan makaimum warisan masa depan.

“Sekali lagi terima kasih banyak bagi kami menjaga karat itu menjaga kehidupan, juga menjaga identitas,” katanya.

Sebagai informasi, Kick Andy Heroes ini dihadiri langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri KLHK SitSiti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Juga turut hadir diantaranya juri utama Kick Andy Yeni Wahid.

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.