Tim Kewasdakan Laksanakan Supervisi Terhadap Penerapan SOP Di Wilker Bulukumba, Jeneponto dan Sinjai

Top Ad

INIPASTI.COM, Makassar – Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi karantina untuk mencegah masuk dan menyebarnya hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK), tim kewasdakan karantina pertanian Makassar térjün langsung ke beberapa wilayah kerja untuk melaksanakan supervisi… Supervisi ini dilakukan untuk memastikan apakah pemeriksaan terhadap media pembawa telah dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditentukan oleh Undang – Undang dan Juklat Surat Edaran di terbitkan oleh Kepala Badan Karantina Pusat, sebagai pedoman penanganan dan kewaspadaan dini atas merebaknya Penyakit PMK.. r

Tim Wasdak yang dipimpin oleh koordinator bidang pengawasan dan penindakan,. Muhammad Musdar ini melakukan pengawasan terhadap pemasukan media pembawa berupa 13 ekor sapi Bali yang datang dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur ini masuk melalui pelabuhan penyeberangan Bulukumba… Belasan ekor sapi ini telah dilakukan masa karantina 14 hari di dearah asal.. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik, klinis dan kelengkapan dokumen dimana hasil pemeriksaan menunjukkan belasan sapi tersebut sehat serta tidak menunjukkan adanya gejala penyakit mulut dan kuku (PMK).

Inline Ad

Selain melakukan pengawasan, disinfeksi alat angkut juga dilakukan di tempãt pemasukan, sebagai upaya pencegahan PMK ini. Tidak Hanya di Bulukumba, supervisi oleh tim wasdak karantina pertanian Makassar juga melakukan supervisi terhadap pemasukan media pembawa di wilker Jeneponto dan Sinjai.

Kerala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir mengapresiasi supervisi yang dilakukan oleh Tim wasdak karantina pertanian Makassar…

“Supervisi ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengawasan media pembawa di wilker – wilker di bawah karantina pertanian. Makassar telah berjalan sebagaimana mestinya. Apalagi dengan adanya PMK di beberapa provinsi di Indonesia pemeriksaan harus lebih diperketat sebagai upaya pencegahan masuknya PMK di Sulsel”, tutur Lutfie Natsir..

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.