Tingkatkan Daya Saing, Ditengah Kontraksi Ekonomi

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) beberapa waktu lalu sempat memaparkan sejumlah faktor-faktor penghambat ekonomi, salah satunya masalah daya saing ekonomi.

Inline Ad

Menanggapi masalah daya saing ekonomi, Pelaksana tugas Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan beberapa langkah, terutama ditengah kontraksi perekonomian saat ini .

“Beberapa langkah diantaranya kami akan menggalakkan upgrading masyarakat, termasuk produk UKM salah satunya adalah packaging produk, masalah standarisasi sehingga pasarnya lebih luas tidak berputar-putar dilokal, biaa masuk ke Marketplace,” kata Andi Sudirman yang juga Wakil Gubernur Sulsel, Senin (8/3) di Four Point.

Selain itu, Andi Sudirman mengatakan perlunya sinergi dari semua pihak, apalagi pihaknya  mendorong pertumbuhan ekonomi dimana recofusing yang digalakkan tidak memangkas anggaran yang betul-betul akan berdampak memberikan kontribusi pada sistem pertumbuhan pengetasan kemiskinan kemudian bagaimana dana desa.

Baca Juga:  Amson Padolo Hadiri Musda III IJTI Pengda Sulsel

“Bagaimana ini, bisa tersalurkan ke kegiatan padat karya seperti di pedssaan. karena jujur kami melihat juga perkembangan ekonomi dari pedesaan juga terhantam selain ekspor impor.

Sementara itu, Kepala Kantor BI Perwakilan Sulsel Budi Hanoto menyebutkan daya saing ekonomi yang dimiliki oleh Sulsel cukup bagus, terutama di beberapa  produk pertanian, perikanan, perkebunan,   pertambangan  apalagi permintaan untuk nikel cukup bagus.

Baca Juga:  Bantuan Keuangan Rp 45,3 Miliar, Kado Nurdin Abdullah di Hari Jadi Sidrap

Untuk pertumbuhan ekonomi sendiri, Budi menyebutkan diangka 4,4 – 5,4  persen diakhir tahun. Ini semua akan diurai satu-satu termasuk investasi, konsumsi.

“Insya Allah pertumbuhan sulsel bisa diangka 4,4 asal beberapa faktor bisa berjalan sesuai perencanaan misalnya vaksinasi lancar, bagian konsumsi didorong lagi, Pemprov dapat mempercepat belanja modal, bahan baku serta konsumsi di naikan lagi apalagi beberapa usaha sudah buka sampai malam,”

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.