Tunggu Kepastian Resmi Vaksin Covid-19, Dinkes Sulsel Mulai Data Nakes

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Sampai saat ini vaksin Covid -19 masih belum ditemukan, walaupun begitu Pemerintah Indonesia saat ini terus berupaya menemukannya salah satunya dengan menguji pada relawan yang ikut ambil bagian untuk uji coba.

Inline Ad

Setidaknya ada 1.620 relawan yang ambil bagian dari penyuntikan vaksin pertama yang dilakukan oleh Biofarma.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari mengatakan, sampai saat ini pengumuman secara resmi tentang vaksin Covid-19 belum didapatkannya.

Walaupun begitu, Ichsan mengaku pihaknya telah melakukan berbagai persiapan termasuk mendata para Tenaga Kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini.

“Kalau belum ada resmi, saya tidak bisa komentar banyak. Namun, sampai sekarang yang sudah kami lakukan adalah mendata para tenaga medis dan ini sudah di kirim ke Jakarta,” kata Ichsan, ditemui usai menghadiri kegiatan Musrenbang RPJMD di Hotel Claro,Selasa (20/10)

Baca Juga:  NA Harap Kepala Daerah Terpilih Percepat Pembangunan

Selain tenaga medis, Ichsan juga mengaku telah mendata  jumlah fasilitas rumah sakit dan puskesmas agar semua nantinya siap dalam pelaksanaan di lapangan.

“Kalau tata laksanannya, saya belum bisa komentar. Termasuk kuota Sulsel juga belum ada,” sebut Ichsan.

Mengenai jumlah nakes dan anggaran vaksin. Ichsan tidak menyebutkan angka pastinya, “Kalau vaksin itu anggaran pusat, dari daerah  yang kita siapkan pendukungnya saja, alat-alatnya seperti masker, apd, nanti Provinisi yang siapkan, kami sementara menghitung,” imbuhnya.

Sementara itu, selain melakukan uji coba pada vaksin yang akan digunakan nanti, rencananya pada November nanti Pemerintah pusat juga akan menerima kiriman vaksin. Bahkan, sampai saat ini persiapan juga telah dilakukan  termasuk memilih fasilitas kesehatan untuk pemberian vaksin tersebut, pada bulan itu juga.

Baca Juga:  Lepas Kafilah Sulsel, Begini Pesan Nurdin Abdullah

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Achmad Yurianto menyebutkan, tiga vaksin yang sudah dibeli oleh pemerintah karena sudah lolos uji klinis fase tiga, diharapkan bisa diberikan kepada masyarakat Indonesia.

Tiga vaksin yang di maksud adalah vaksin Sinovac, Sinopharm, dan Cansino yang telah diuji juga dibeberapa negara.

(Iin Nurfahraeni/Berbagai Media)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.