Site icon Inipasti

UU Cipta Kerja Digugat ke MK, Rocky Gerung: Itu Prosedur Buruk

INIPASTI.COM, JAKARTA– Presiden Joko Widodo meminta masyarakat yang keberatan dengan Undang-Undang Cipta Kerja untuk mengajukan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jika masih ada ketidakpuasan terhadap UU Cipta Kerja, silakan ajukan uji materi atau judicial review ke Mahkamah Konstitusi,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jumat (9/10/2020).

Rocky Gerung saat jadi narasumber. Sumber: Mata Najwa


Rocky Gerung terang terangan mengatakan prosedur UU Cipta Kerja digugat ke MK itu cacat. Prosedur yang ditawarkan oleh Jokowi, menurut Rocky Gerung itu prosedur buruk.

Jika UU Cipta Kerja itu bersih, tidak semestinya sampai ke MK. Rocky Gerung mempertanyakan keutuhan dan kebenaran semua isi dari UU Cipta Kerja.

“Kalau DPR bermutu dia akan tidak berupaya ke MK. Kalau prosedur itu bersih. Tidak mungkin sampai ke MK. Cacatnya dari situ. Itu prosedur buruk,” Rocky Gerung, narasumber Mata Najwa. Tema diskusi Tahun Pertama: Jokowi-Ma’ruf Sampai di Mana, Rabu (21/10/2020).

UU ini sebuah aturan yang disusun menggunakan metode omnibus, akhirnya disahkan Senin (5/10/2020) beberapa hari lalu. Polemik pengesahan jadi tumpah ruah. Rocky Gerung mempertanyakan menteri perburuhan atau yang terkait tidak pro buruh.

Kendati dihujani penolakan dari banyak kalangan. Karena itu, UU ini sangat mungkin digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Undang undang yang bagus itu melibatkan buruh dan legal steandy buruh itu menteri perburuhan. Seluruh dunia dari abad 12 sampai tahun 2020. Menteri Perburuhan itu harus pro buruh. Kalau buruh nolak Menteri Perburuhan juga nolak,” ujar Rocky Gerung.

(Dirga)

Exit mobile version