Warga Barukang Menyambut 1 Muharam 1439 H Dengan Pawai Obor

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Cahaya nyala ratusan obor, dan latunan shalawat yang merupakan semarak warga Barukang Lima, Kecamatan Ujung Tanah, kelurahan Pattingalloang, Kota Makassar, dalam memperingati tahun baru Islam 1439 Hijriyah.

Selain cahaya kelap-kelip dari sinar obor yang membakar semangat warga melakukan pawai di area wilayah barukang lima, busana muslim warga berwarna putih yang menunjukkan simbol kembali suci di tahun baru Islam.

Inline Ad

Pawai obor yang semarak dari warga barukang lima mencuri perhatian warga sekitar maupun pengguna jalan yang berlalu lintas, begitupun kepolisian yang mengatur jalannya pawai obor tersebut.

Baca Juga:  Dua pelaku begal payudara, diringkus tim Buser

Pawai obor dilakukan saat malam hari, merupakan peringatan pertama kali dari warga barukang lima dalam menyemarakkan tahun baru Islam, yang diikuti oleh anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Menurut Syahrang, salah seorang tokoh pemuda Barukang Lima, pawai obor merupakan sebuah tradisi dalam memperingati tahun baru Islam yang juga memiliki banyak makna dalam pelaksanaannya.

“Selain untuk mempererat tali silahturahmi sesama warga, juga memiliki nilai gotong royong dan juga kebersamaan. Tujuannya untuk mengingatkan warga akan datangnya tahun baru Islam,” ujar Syahrang, Kamis (21/9/2017) malam.

Baca Juga:  Rilis Tiket Gala Premiere: SILARIANG, Cinta Yang (Tak) Direstui

Antusiasme warga yang melakukan pawai obor sangat tinggi, seusai sholat isya, para warga berkumpul di lapangan dengan membawa obor yang terbuat dari bambu. Api yang telah dinyalakan pada satu obor akan dioper pada obor lainnya. Cahaya dari api obor itu menerangi jalan-jalan di malam hari.

(Ahadri/Inipasti)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.