Wiranto Minta Aparat Tindak Tegas Pengganggu Pemilu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta aparat keamanan menindak tegas pihak-pihak yang mengganggu jalannya pemilu.

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta aparat keamanan menindak tegas pihak-pihak yang mengganggu jalannya pemilu. Aparat, kata dia, dilindungi undang-undang untuk melakukan hal tersebut.

“Bicara keamanan pemilu, kita tahu, masih ada ancaman yang akan mengganggu pemilu yang akan kita laksanakan. Dengan indeks kerawanan pemilu yang dilakukan Polri, Bawaslu, masih ada kerawanan pemilu di daerah,” kata Wiranto di Jakarta, Rabu (20/3).

Berdasarkan indeks kerawanan pemilu, dia meminta aparat keamanan serta penyelenggara pemilu di daerah mengenali dan menetralisasi potensi kerawanan. Sebab hanya dengan langkah tersebut pemilu dapat berjalan aman dan sukses.

Baca Juga:  FISIP UPRI Laksanakan Pelantikan BEM dan DEPERMA : Fakultas ini kalian Semua Besar

“Karena itu saya minta kepada aparat keamanan di daerah, setelah kita mengetahui, mengenali, tidak bisa didiamkan. Tindak tegas siapa pun yang mengganggu, kita punya undang-undang sebagai senjata kita,” ujarnya.

Salah satu tugas yang harus dilakukan aparat keamanan, menurut Wiranto, memastikan dan menjamin para pemilih bisa datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Mereka harus tiba di TPS dengan aman tanpa ada gangguan fisik atau lainnya.

Baca Juga:  Persatuan Alumni (PA) 212 Laporkan Ketum Jokowi Mania dan PSI ke Bareskrim Polri

Karena esensi pemilu, kata Wiranto, adalah pesta demokrasi. Bukan untuk menciptakan permusuhan atau konflik. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.