Yuk! Catat Event Pariwisata Ini Bisa Jadi Ajang Traveling

Kalender Event Pariwisata Sulsel 2020 (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan telah mengeluarkan kalender event pariwisata, yang akan dilaksanakan selama tahun 2020 ini. Buat Kamu, yang sedang mempersiapkan diri untuk menikmati liburan tidak ada salahnya Sulsel menjadi pilihanmu.

Sepanjang Februari ini, sejumlah agenda telah siap digelar di Kabupaten dan Kota masing-masing. Buat yang menyukai wisata bernuansa budaya tidak ada salahnya mencoba ini.

Inline Ad

Dari kalender event yang dikeluarkan, pada diselenggarakan Pesta Adat Ma’Gaukang Dg Riolo di Kabupaten Jeneponto, kemudian 12 Februari ada Trail Adventure Luwu, 20 Februari,  Parepare Fair dan TP Fest. 19-21 Februari, Festival Budaya To Berru, di tanggal 22 Februari ada Sinjai Culture Carnaval, di hari yang sama, juga ada event Parepare Off Road Jelajah Bumi Bj Habibie.

Sekitar 60 event pariwisata akan menyemarakkan tahun 2020 ini. Dari 60 tadi ini, ada beberapa yang telah ditetapkan sebagai agenda tahunan dan masuk dalam Kalender event pariwisata 2020 Wonderfull Indonesia.

Baca Juga:  Pelantikan Bupati dan Wali Kota Tunggu SK

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Denny Irawan menjelaskan untuk tahun ini, sejumlah event yang diusulkan oleh Kabupaten dan kota ini sebelumnya telah melalui seleksi, dan akhirnya disepakati tanggal pelaksanaannya.

Ia menyebutkan, dalam setiap event yang diselenggarakan ini tentu memiliki daya tariknya masing-masing. Karena, pihaknya telah meminta kepada pihak penyelenggara  untuk menampilkan sesuatu yang berbeda setiap tahunnya.

“Masing-masing memiliki keunikannya, dan potensi karena yang disuguhkan ini temanya berbeda-beda ada budaya dan sebagainya. Kemudian waktunya yang tidak bersamaan,” kata Denny.

Ia menyebutkan, bahwa kedatangan wisatawan dalam setiap event yang dilaksanakan sangat tergantung dari individunya masing-masing, “ada wisatawan yang memang datang untuk melihat event yang dilaksanakan dan ada juga yang memang datang untuk liburan menikmati tempat wisatanya,” sebut Denny

Denny menyebutkan, bahwa konsep acara serta pengemasan telah diberitahu beberapa masukan ketika ada persentase d Jakarta terkait penampilan dan sebagainya.

Baca Juga:  Kajian Online Wagub Sulsel, Ustaz Firanda Bagikan Cara Meraih Malam Lailatul Qadar

“Kami juga sudah sampaikan, bahwa diharapkan event-event ini dilakukan secara berkesinambungan supaya tidak monoton diharapkan ada kreativitas dari masing-masing event ada peningkatan-peningkatan, sehingga wisatawan lebih tertarik untuk berkunjung misal tahun lalu dikemas berbeda, tahun ini ada yang baru sehingga    ada perbedaan dan peningkatan-peningkatan dan itu diharapakan dari pemerintah,” paparnya

Sementara itu sejumlah event unggulan nanti, yang telah masuk dalam dalam kalender event Kementerian Pariwisata, Denny menyebutkan di bulan Juli mendatang ada Toraja Internasional Festival (TIF) yang dilaksanakan pada 19-21 Juli. Kemudian, ada Festival Salo Karajae di kota Parepare pada 27 September.

Di Oktober nanti, para wisatawan bisa menghadiri event yang masuk dalam Top Ten , calender event Kemenpar yaitu F8 Makassar yang dilaksanakan pada 7-11 Oktober. Kemudian Festival Phinisi 14-17 Oktober.

Selain empat unggulan event tersebut, ada beberapa yang bisa dinikmati dan telah berjalan beberapa tahun terakhir seperti Beautifull Malino yang diselenggarakan pada 17-19 Juli, ada Toraja Marathon 18 April, dan Festival Kemilau Toraja 1-31 Desember.

Baca Juga:  Perdana, Pesawat Mendarat di Bandara Buntu Kunik

(Iin Nurfahraeni)

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.