100 Fakta Syahrul Yasin Limpo #100FaktaSYL (2/10)

#100FaktaSYL
100 Fakta Tentang Syahrul Yasin Limpo
Top Ad

Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah mengemban jabatan sebagai gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) selama dua periode. Sepanjang masa pemerintahannya, telah banyak perubahan yang dia ciptakan untuk provinsi tersebut, mulai dari pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan lainnya.

Apa saja perubahan positif yang telah ditorehkan SYL selama memerintah Sulsel, berikut fakta-faktanya.

 

11. Jadikan Sulsel Provinsi Role Model dalam Bidang Kesehatan

Selama menjabat sebagai gubernur, SYL cukup banyak melaksanakan program-program di bidang kesehatan. Pada Oktober 2017 Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulselbar Muhammad Ichsan Mustari sempat mengatakan bahwa  Program Kesehatan Pemprov Sumsel selalu menjadi rujukan daerah lain di Indonesia.

 

12. Perkenalkan Sistem Regionalisasi Rujukan 

Sistem regionalisasi rujukan pertama kali dikembangkan di Sulsel pada masa pemerintahan SYL. Dengan sistem regionalisasi rujukan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpelosok atau terpencil tetap terjamin dam berkualitas. Saat ini sistem tersebut telah menjadi model bagi daerah-daerah di seluruh Indonesia.

 

13. Mobil Home Care

Mobil home care adalah program pelayanan kesehatan cepat tanggapuntuk masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di Kota Makasar. Mobil kesehatan yang dikenal dengan nama Dottorota (Bahasa Makasar dari kata dokter kita) ditempatkan dan dioperasionalkan puskesmas di tingkat kelurahan seluruh wilayah kota. Selain tenaga medis, mobil itu juga menyediakan dokter. Pada tahap pertama peluncuran program, yakni pada 2015, Pemerintah Kota Makasar menyediakan 48 mobil home care.

Baca Juga:  Musrenbang dan Kebutuhan Daerah dalam Pembangunan

 

14. Bangun Rumah Sakit Khusus Lansia Pertama di Indonesia

Saat SYL masih menjabat gubernur Sulsel tahun lalu, dia sempat meletakkan batu pertama dalam pembangunan Advanced Medicine and Geriatric Hospital atau yang lebih dikenal dengan rumah sakit khusus lansia dikawasan Centre Point of Indonesia (CPI) Makassar. “Rencananya rumah sakit tersebut akan digunakan oleh masyarakat Sulsel dan pertama di Indonesia. RS ini nantinya menjadi pusat rujukan di Indonesia. Selain memiliki taman bermain dan terbuka hijau juga dapat dimanfaatkan oleh publik sebagai tempat dan kawasan terbuka oleh masyarakat setempat,” kata SYL.

 

15. Hadirkan Rumah Singgah

Pada Januari 2018, SYL meresmikan Rumah Singgah di belakang kantor Dinas Kesehatan Sulsel di Makasar. Layaknya puskesmas, Rumah Singgah memiliki fungsi melayani masyarakat. Di rumah singgah masyarakat dapat berkonsultasi dengan dokter menerima layanan observasi, pemeriksaan gigi, serta layanan rujukan.

 

#100FaktaSYL
100 Fakta Tentang Syahrul Yasin Limpo

 

16. Luncurkan Kampanye Explore South Sulawesi 

Sewaktu menjabat sebagai gubernur Sulsel, SYL memberi perhatian khusus di sektor pariwisata. Pada masa pemerintahannya, tepatnya tahun 2017, SYL meluncurkan kampanye “Explore South Sulawesi”. Tujuannya adalah meningkatkan perekonomian daerah melalui sektor pariwisata. Hal itu mengingat jumlah kunjungan wisatawan ke Sulsel pada 2016 mencapai 8,6 juta orang.

Baca Juga:  CSO Percepatan Perhutanan Sosial Temui Syahrul

 

17. Kembangkan Daerah Wisata Malino

Sewaktu mengemban masa jabatan keduanya sebagai gubernur Sulsel, SYL mengembangkan potensi wisata yang dimiliki daerah Malino. Malino dinilai strategis untuk dikembangkan karena memiliki banyak daya tarik, baik kondisi iklimnya yang sejuk maupun sejarahnya yang kerap menjadi lokasi perundingan perdamaian.

Selain itu, Malino memiliki sarana dan prasarana pendukung yang lebih siap untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata nasional yang diperuntukkan bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

 

18. Promosikan Objek Wisata Rammang-Rammang Maros 

Rammang-Rammang Maros adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Sulsel. Selama 10 tahun menjabat sebagai gubernur, SYL tidak hanya banyak melaksanakan pembangunan infrastruktur di Maros. Melalui kampanye “Explore South Sulawesi”, SYL turut mempromosikan objek-objek wisata di daerah tersebut, termasuk Rammang-Rammang. Menurut Chaidir Sam, tokoh yang pernah menjabat sebagai ketua DPRD Maros, SYL memasukkan Rammang-Rammang sebagai salah satu destinasi wisata utama Sulsel.

 

19. Bangun Pantai Pasir Putih di Makasar

Saat ini warga Makasar tidak perlu berplesiran ke daerah-daerah lain di Sulsel untuk menikmati wisata pantai pasir putin. Sebab pada Maret 2018, SYL telah resmi meluncurkan Pantai Pasir Putih buatan di lokasi reklamasi Pantai Losari di yang dikenal dengan Center Point of Indonesia (CPI).

 

20. Gagas Pembangunan Masjid 99 Kubah 

Baca Juga:  SYL Desak Pemerintah Perhatikan Stadion Barombong

Masjid ini terletak di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makasar. Bangunannya didesain oleh mantan wali kota Bandung Ridwan Kamil. Kehadiran Masjid 99 Kubah menjadi daya tarik wisata religi bagi warga Makasar khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

 

Selanjutnya, Syahrul Yasin Limpo akan melanjutkan pembangunan Indonesia dengan mengincar kursi DPR RI pada pemilu 2019, melalui Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 2 yang meliputi Bone, Soppeng, Wajo, Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Sinjai, Bulukumba.

#100FaktaSYL sebelumnya dapat dilihat di:https://inipasti.com/100-fakta-syahrul-yasin-limpo/

Tunggu artikel selanjutnya untuk #100FaktaSYL lainnya. (2/10) (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.