ABM: Wirausaha Bukan Soal Modal Besar, Tapi Kerja Keras dan Komitmen

Arianto Burhan Makka (ABM), diundang jadi pembicara khusus di acara Tudang Sipulung Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Jl Urip Sumiharjo, Senin 19 November 2018.

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, Arianto Burhan Makka (ABM), diundang jadi pembicara khusus di acara Tudang Sipulung Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Jl Urip Sumiharjo, Senin 19 November 2018.

Begitu hadir, ABM yang juga calon anggota DPD RI ini disambut antusias ratusan peserta yang sejak lama menantikan kehadirannya untuk memberikan inspirasi sukses di usia muda.

Selain karena alumnus Fakultas Teknik UMI Makassar, ABM sengaja dihadirkan karena dianggap menjadi pionir pengusaha muda yang komitmen belakangan ini.

Baca Juga:  UMI Disambangi Dua Menteri RI, Ada Apa?

ABM yang juga Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila (BPPP) Sulsel ini lebih banyak berkisah soal pengalamannya memulai usaha dari nol.

Awalnya, kata ABM, saat memulai usaha berpikir jika segalanya diawali dengan modal besar. Ternyata, membangun komitmen dengan kerja sama orang lain mampu menempa dirinya fokus menjadi pengusaha hingga saat ini.

“Kuncinya adalah kepercayaan dan komitmen. Saya menantang adik-adik jika siap dibina untuk memulai usaha apa saja. Terlalu banyak yang bisa dilakukan tergantung bagaimana kita menangkap peluang yang ada,” katanya.

Baca Juga:  Semua Bisa Jadi Pengusaha

Diketahui beberapa tahun belakangan ini, ABM membina sedikitnya 1.000 wirausaha di berbagai bidang perbengkelan, kuliner, hingga perdagangan yang tersebar di seluruh Sulawesi Selatan.

ABM juga membina kelompok usaha tani di beberapa kabupaten di Sulsel yang saat ini menjadi percontohan di Indonesia. Dengan keberhasilan ini pula, ABM menjadi buruan para kepala daerah untuk dijadikan tandem pembinaan usaha tani dan UMKM.(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.