Adnan Ingin Alokasi Dana Difokuskan pada Satu Bidang

Bupati Gowa Adnan Purichta IYL membuka Forum Konsultasi Publik RKPD tahun 2019 di Baruga Karaeng Galesong, Rabu, (7/3/2018).

INIPASTI.COM, SUNGGUMINASA – Dalam rangka meningkatkan daya saing guna mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan mutu di semua sektor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa harus memiliki keunggulan kompetitif di samping keunggulan komperatif. Hal itu disampaikan oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pada pembukaan Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019.

“Artinya tidaklah cukup bagi kita hanya sekedar merencanakan dan melaksanakan dengan baik semua program/kegiatan yang telah dicanangkan, namun kita harus lebih fokus dan terarah pada satu bidang pembangunan agar bisa sejajar dengan daerah termaju di Indonesia,” ujarnya pada acara yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Rabu, (7/3/2018)

Inline Ad

Adnan menjelaskan bahwa program fokus dan terarah yang ia maksud adalah menetapkan satu program prioritas tiap tahun. Hal itu menurutnya agar pemerintah mampu mengukur sejauh mana capaian yang didapatkan dalam program tersebut. Karena ia menyakini, jika semua sektor pembangunan ditetapkan secara bercabang, maka pihaknya tidak akan fokus menyelesaikan satu permasalahan.

Baca Juga:  Penderita Tumor Tak Sanggup Bayar RS, Kadinsos: Pemkab yang Tanggung

“Jadi saya mau tiap tahun kita tetapkan perbaikan di satu bidang. Misalnya tahun 2019 mendatang kita tetapkan fokus pada infrastruktur, maka alokasi dana untuk bidang perbaikan infrastruktur harus memiliki porsi yang besar. Jadi kita betul-betul harus mengerjakan dengan baik agar capaiannya sesuai dengan target, dan tetap harus didukung dengan sumber daya manusia yang memadai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa program prioritas tentu harus berdasarkan isu-isu yang berkembang. dari isu itulah kemudian dijadikan referensi berdasarkan dari survey tingkat kepuasan masyarakat terhadap semua program kerja dari Pemerintah Kabupaten Gowa.

Baca Juga:  Kemajuan Sulsel dan Kerukunan Umat Beragama

“Untuk saat ini, tingkat kepuasan masyarakat di bidang pendidikan dan kesehatan sudah cukup baik. Jadi untuk tahun depan dan tahun -tahun selanjutnya, program kerja kita fokuskan pada bidang yang tingkat kepuasannya masih terbilang cukup rendah. Tentunya ini dengan adanya dukungan dan kontribusi dari seluruh perangkat daerah,” jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Ia berharap dengan cara ini, mampu merubah paradigma yang ada dan mampu mendorong partisipasi masyarakat yang luas guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian demi meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat Kabupaten Gowa.(*)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.