Agus Arifin Nu’mang Jembatani Kerja Sama Budaya Sulsel dan Jepang

Saat menjabat sebagai wakil gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu'mang pernah meresmikan acara bertajuk "Nippon Day".

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

INIPASTI.COM – Saat menjabat sebagai wakil gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang pernah meresmikan acara bertajuk “Nippon Day”. Acara tersebut diselenggarakan berkat kerja sama antara Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel dengan Konsulat Jepang.

Nippon Day merupakan sebuah kegiatan untuk mempromosikan kebudayaan Jepang, meliputi tari, musik, kuliner, manga (komik khas Jepang), dan lainnya. Acara itu pertama kali dihelat pada Februari 2016 di Makasar. Japan Lovers Community merupakan kelompok yang menginisiasinya.

Melihat antusiasme warga Makasar terhadap kegiatan tersebut, Nippon Day akhirnya dilirik sebagai sarana untuk mempererat kerja sama, khususnya dalam bidang kebudayaan, antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Jepang.

Baca Juga:  9 Tokoh Ini Bantu Persiapan Jokowi – Ma’ruf Amin Hadapi Debat Capres

Nippon Day pun dihelat untuk kedua kalinya pada Maret 2017. Sebelum acara itu dilaksanakan, Agus sempat menerima kunjungan Kepala Kantor Konsuler Jepang Masaki Tani di Makasar. Pertemuan tersebut secara khusus membahas tentang kerja sama budaya antara Jepang dan Sulsel.

Agus mengakui kegiatan Nippon Day berpotensi menjadi perekat kerja sama antara Sulsel dan Jepang. Di sisi lain, Nippon Day tentu akan menjadi daya tarik wisata bagi turis, khususnya mereka yang berasal dari Negeri Sakura.

“Nippon Day ini secara khusus bisa menarik wisatawan asing dari Jepang untuk ke Makasar, selain tentunya ada interaksi budaya,” ujar Agus.

Baca Juga:  Belum Punya Sirkuit Balapan, Pemkab Barru Manfaatkan Jalan Raya

Menurut Agus, untuk skala yang lebih luas, Nippon Day bisa dijadikan acuan untuk membuka konektivitas, dalam hal ini rute penerbangan langsung, dari Jepang ke Makasar.

Sementara itu, Wali Kota Makasar Mohammad Ramdhan Pomanto mengaku mendukung perhelatan Nippon Day. “Nippon Day menguatkan posisi Makasar sebagai kota dunia yang nyaman,” katanya.

Dari perhelatan Nippon Day, nilai-nilai edukasi dan budaya Jepang sebagai salah satu negara terkuat di Asia dan menguasai perekonomian dunia diharapkan dapat memperkaya pengetahuan warga Makasar. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.