Akan Dihadiri Ketua IKA FISIP, Pelantikan IKA Komunikasi Unhas akan Menyatu dengan Alam

INIPASTI.COM, BONE – Pelantikan dan Rapat Kerja (Raker) Ikatan Alumni (IKA) Komunikasi Universitas Hasanuddin (Unhas) akan digelar di Hutan Pendidikan Unhas Bengo-bengo, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel). Rencananya, acara yang akan berlangsung pada 8-9 April 2017 akan dihadiri oleh Ketua Umum IKA Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Andi Baso Fahsar M Padjalangi. Ia memastikan kesediaan hadir melantik Ketua IKA Komunikasi Unhas, Suhardi Duka, Ketua Harian, Mukhtar Tahir, Sekretaris Sahman AT, serta jajaran pengurus IKA Komunikasi Unhas Periode 2017-2021 lainnya.

“Insya Allah saya hadir,” kata Andi Baso Fahsar yang juga bupati Bone usai menerima undangan Pelantikan dan Raker IKA Komunikasi Unhas yang diserahkan langsung Koordinator Steering Commitee (SC), Zulkarnain Hamson di Kota Watampone, Kabupaten Bone, pekan lalu.

“Beliau juga mengajak jajaran pengurus (IKA FISIP,red) untuk hadir memeriahkan acara,” kata Zulkarnain Hamson usai bertemu dengan Andi Baso Fahsar M Padjalangi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan dan Raker IKA Komunikasi Unhas, HAM Ramlan Zulkarnain menjelaskan, pemilihan lokasi di Hutan Pendidikan Unhas Bengo-bengo dengan pertimbangan tema kegiatan, yakni Back to Nature. Ramlan yang merupakan alumni Komunikasi Unhas angkatan 1989 ini mengatakan, acara dengan tagline Dedikasi Tanpa Batas ini akan dikemas berbeda dari acara yang sama dari empat IKA jurusan sebelumnya. Yakni, IKA Administrasi, Politik, Sosiologi, dan Hubungan Internasional.

Baca Juga:  Ribuan Alumi FISIP Unhas Kembali ke Kampus Bernostalgia

Ia mengungkapkan bahwa di lokasi Hutan Pendidikan Unhas Bengo-bengo, peserta nantinya akan diajak menyatu dengan alam. Selain acara seremonial di dalam ruangan, lanjutnya, panitia juga menyediakan tenda-tenda untuk peserta yang ingin menikmati hawa sejuk nan segar pengunungan dan hutan Bengo-bengo.

Tak hanya itu, kata Ramlan, menu yang disajikan berupa kacang rebus, jagung rebus, ubi rebus, dan lainnya sebagai sambutan pagi di lokasi semakin membuat kemasan acara seperti kembali ke alam.

Pada hari kedua di lokasi pelaksanaan kegiatan (Minggu), ungkap Ramlan, peserta Pelantikan dan Raker IKA Komunikasi Unhas diajak untuk menikmati fasilitas outbond yang sudah disiapkan panitia. Lebih lanjut, ia menyebutkan, selain kegiatan seremonial dan kemasan kekeluargaan, panitia yang bekerja sama dengan Telkomsel, Pepsodent, dan Lifeboy melaksanakan kegiatan sosial.

Baca Juga:  UNM Juara Futsal di UITM Malaysia

“Nanti akan ada penanaman pohon yang bekerja sama dengan Telkomsel. Ini bagian dari kegiatan sosial IKA Komunikasi dan pengabdian kami demi kelestarian lingkungan. Alhamdulillah, Telkomsel sangat mendukung program penghijauan ini,” kata Ramlan.

Untuk kegiatan sosialisasi gerakan kesehatan mulut dan kebersihan tangan panitia Pelantikan dan Raker IKA Komunikasi Unhas bekerja sama dengan Pepsodent dan Lifeboy. “Acara ini akan dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di sekitar lokasi,” kata Ramlan yang sudah melakukan survei sekolah yang akan dijadikan lokasi.

Sekretaris Panitia Pelantikan dan Raker IKA Komunikasi Unhas Ruslan Arief mengatakan, acara di Hutan Pendidikan Unhas dikemas seperti familiy gathering.

Para alumni yang ingin membawa serta anggota keluarganya dipersilakan untuk membangun suasana keakraban bersama keluarga dan alumni lainnya.

Ramlan mengatakan, H-4 pelaksana Pelantikan dan Raker IKA Komunikasi Unhas, persiapan panitia sudah 90 persen. Secara bertahap, tim advance dari panitia yang melibatkan anggota dari Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) Unhas akan berangkat ke lokasi lebih awal untuk menyiapkan segala kebutuhan di lokasi.

Baca Juga:  Mahasiswa KKNP FKIP UIM Resmi ditarik Kembali ke Kampus

“Pelibatan adik-adik dari Kosmik dalam bagian kepanitiaan karena ini adalah bagian dari silaturrahim antara alumni dengan adik-adik mahasiswa,” kata Ramlan.

Selanjutnya, Ramlan mengajak seluruh alumni Komunikasi Unhas untuk menghadiri acara di Hutan Pendidikan Unhas Bengo-bengo karena tidak hanya sekadar acara seremonial, tapi juga sebagai momen kembali menjalin silaturrahmi dan keakraban.