Almarhum Maestro Campursari Didi Kempot Dimakamkan di Ngawi

INIPASTI.COM-SOLO, Jenazah Didi Kempot diberangkatkan ke Ngawi, Jawa Timur dari Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Selasa (5/5/2020).

Jenazah maestro campursari tersebut dibawa menggunakan mobil jenazah milik Polrestabes Surakarta, dan dilepas oleh ratusan penggemarnya, Sobat Ambyar.

Inline Ad

 

Dionisius Prasetyo atau lebih populer dikenal dengan nama Didi Kempot lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 31 Desember 1966 meninggal di Surakarta, Jawa Tengah, Selasa 5 Mei 2020 pada umur 53 tahun adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu campursari dan congdut dari Surakarta.

 

Didi Kempot merupakan putra dari seniman tradisional terkenal, Ranto Edi Gudel yang lebih dikenal dengan Mbah Ranto. Didi Kempot merupakan adik kandung dari Mamiek Prakoso, pelawak senior Srimulat.

 

Publik mengenal Didi Kempot sebagai maestro campursari dan penulis lagu yang populer, ia memulai karirnya sebagai musisi jalanan di Kota Surakarta sejak tahun 1984 hingga 1986, kemudian mengadu nasib ke Jakarta pada tahun 1987 hingga 1989.

 

Nama panggung Didi Kempot merupakan singkatan dari Kelompok Pengamen Trotoar, grup musik asal Surakarta yang membawa ia hijrah ke Jakarta.

 

Hampir sebagian lagu yang ditulisnya bertemakan patah hati dan kehilangan. Alasan sengaja memilih tema tersebut karena rata-rata orang pernah mengalaminya dan ingin dekat dengan masyarakat, juga menjadi alasan Didi Kempot menggunakan nama-nama tempat sebagai judul atau lirik lagunya.

Baca Juga:  Prof Alyas: Kinerja Birokrasi Masih Dipengaruhi Unsur Politik

 

Kini Didi Kempot banyak diminati oleh kalangan muda dari berbagai daerah yang menyebut diri mereka sebagai Sadboys dan Sadgirls yang tergabung dalam “Sobat Ambyar” dan mendaulat Didi Kempot sebagai “Godfather of Broken Heart” dengan panggilan Lord Didi.

Julukan itu berawal dari lagu-lagu Didi Kempot yang hampir semuanya menceritakan tentang kesedihan dan kisah patah hati.

 

Ucapan belasungkawa dan doa turut mengiringi kepergian Didi Kempot. Mulai dari Ganjar Pranowo, Saykoji, hingga Joshua Suherman melepas kepergian ‘The God Father of Broken Heart’ yang meninggal dunia hari ini (5/5/2020).

 

Kapolresta Solo, Kombes Polisi Andy Rifai mengatakan bahwa proses pemakaman Didi Kempot akan dikawal secara ketat. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak berbondong datang ke rumah duka.

Saat ini, jenazah Didi Kempot masih berada di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta. Nantinya akan disemayamkan di Kelurahan Sumber, Solo sebelum dimakamkan di Ngawi, Jawa Timur.

Baca Juga:  Siapa Idrus Marham? Ini Kisah Hidupnya

“Kami imbau ke masyarakat tidak usah datang ke rumah duka, cukup mendoakan dari rumah kepada almarhum semoga husnul khotimah,” katanya dalam sambungan telepon dengan CNN Indonesia TV, Selasa (5/5/2020).

 

Sebelum meninggal, Didi Kempot sempat berencana akan menggelar konser pada 14 November 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pihak promotor mengaku masih syok dan belum ada rencana ke depannya perihal konser tersebut. Meski begitu, promotor berharap sobat ambyar dapat mewujudkan keinginan terbesar ‘Godfather of Broken Heart’ menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Didi Kempot meninggal dunia karena kondisi henti jantung. Keterangan ini dikonfirmasi oleh Asisten Manajer Humas Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu, Divan Fernandez, di Solo.

Lelaki bernama asli Dionisius Prasetyo alias Didi Kempotsebelum Meninggal, Didi Kempot Ingin Umrah dan Nyanyi Lagu Religi

Guru Ngaji Presiden Joko Widodo, Gus Karim, mengungkapkan kenangan terakhir bersama mendiang Didi Kempot. Sebelum meninggal, Didi pernah menyebut ingin melantunkan lagu bernuansa Islami dan pergi umrah.

Baca Juga:  Mengapa Najwa Shihab Menikah Muda, Ini Alasannya

Sebelum Meninggal, Didi Kempot Sempat Rilis ‘Ojo Mudik’ Kabar meninggalnya Didi Kempot mengejutkan banyak orang. Sebelum meninggal, Didi Kempot sempat merilis video klip yang berjudul ‘Ojo Mudik’ di channel YouTube-nya (syakhruddin)

 

 

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.