Anak Makassar Miliki Tiga Hal Luar Biasa

INIPASTI.Com, MAKASSAR – Walikota Makassar, Ir H Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, ada tiga hal luar biasa dimiliki anak Makassar yang diartikannya secara positif, yaitu pertama Pakacca, kedua Talle-tallekang dan ketiga Paggeakkang.

Menurut Ramdhan Pomanto, tiga sifat atau karakter yang melekat dalam diri anak-anak Bugis – Makassar dianggapnya memiliki nilai positif yang luar biasa, seperti pakacca atau pakkaccakkang gau. Sifat ini ada kaitannya dengan anak yang memiliki sifat kreatif, memiliki kecerdasan serta keberanian yang luar biasa.

Inline Ad

Dan ini bisa dibuktikan anak-anak Makassar yang sukses di luar karena pakaccaki kata walikota. Anak-anak Makassar jika sudah ada dimpungnya orang, sangat kreatif dan cerdas serta pemberani.

Baca Juga:  Sekelompok Pemuda Sastra Se-Indonesia Satukan Karya Lewat Buku

“Coba lihat anak-anak Makassar yang berkiprah di luar Sulawesi, misal di Jawahampir semuanya sukses,”jelas Walikota Moh. Ramdhan Pomanto saat memberikan amanah dihadapan peserta Peksimida Sulsel yang dilaksanakan Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Baruga Angingmammiri, Rumah Jabatan Walikota Makassar, Rabu (7/9/2016).

Kedua sifat Talle-tallekang atau Kajili-jili, dalam arti positif anak-anak Bugis Makassar itu dimanapun dia berada selalu ingin tampil beda dengan orang yang ada di sekitarnya. Dan orang yang suka Kajili – jili, orangnya pemberani serta percaya diri.

Ketiga sebut Pomanto, suka Paggeakkang atau suka berdebat. Anak-anak Bugis Makassar paling suka berdebat. Tidak mudah mengalahkannya jika berdebat. Selalu konsisten dengan pendapatnya, jika sudah yakin itu benar maka sulit untuk dikalahkan.

Baca Juga:  Kapolda Sulsel Imbau Masyarakat Cerdas Gunakan Medsos

Apa arti semua ini bila dikaitkan dengan pemerintahan atau kebijakan pemerintah kota?. Kadang dalam sebuah kebijakan yang diambil butuh kreatifitas, kecerdasan dan keberanian. Dan juga kemampuan untuk berdiplomasi untuk bisa meyakinkan kepada orang bahwa kebijakan yang diambil itu benar.()

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.