AS dan China di Ambang Perang Dingin Baru  

INIPASTI.COM – MAKASSAR, Ketegangan antara Amerika Serikat dan China meningkat terkait pandemi virus Corona, status Hong Kong dan masalah lainnya. Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi bahkan menyebut bahwa AS telah mendorong hubungan dengan China ke “ambang Perang Dingin baru”.

 

Inline Ad

Dilansir dilaman detikcom “Telah menjadi perhatian kami bahwa beberapa kekuatan politik di AS menyandera hubungan China-AS dan mendorong kedua negara kita ke ambang Perang Dingin yang baru,” ujar Wang Yi kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (24/5/2020).

 

Wang tidak menyebut “kekuatan” apa yang dia maksudkan, tetapi Presiden AS Donald Trump telah memimpin kritik dunia atas respons awal China terhadap pandemi Corona, yang telah menyebabkan lebih dari 330.000 kematian dan kejatuhan ekonomi di seluruh dunia.

Baca Juga:  BMKG: Siklus hujan ekstrem makin cepat

 

Gesekan lama antara kedua negara itu atas perdagangan, hak asasi manusia dan isu-isu lain telah meningkat sejak pandemi virus Corona.

 

Wang menyebut pemerintah AS berusaha berulang kali “menyerang dan mencoreng” China.

“Selain kehancuran yang disebabkan oleh virus Corona, ada juga virus politik yang menyebar di AS,” cetus Wang pada konferensi pers di sela-sela sidang legislatif tahunan China.

Baca Juga:  Perangi Berita Palsu: Front Baru dalam Melawan Coronavirus

 

“Virus politik ini adalah penggunaan setiap kesempatan untuk menyerang dan memfitnah China. Beberapa politisi sama sekali mengabaikan fakta dasar dan telah mengarang terlalu banyak kebohongan yang menargetkan China, dan merencanakan terlalu banyak konspirasi,” imbuhnya (syakhruddin)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.