Australia Menuntut Keadilan, Google dan Facebook harus Bayar Ini

Australia mengatakan akan mulai memaksa Google dan Facebook untuk membayar perusahaan berita untuk konten (AFP Photo / DENIS CHARLET)
Top Ad

INIPASTI.COM, Australia hari Senin mengumumkan akan mulai memaksa Google dan Facebook untuk membayar perusahaan berita untuk konten, dalam langkah penting yang bertujuan melindungi media tradisional dari dominasi raksasa teknologi digital itu.

Menteri Keuangan Australia, Josh Frydenberg, mengatakan undang-undang akan diumumkan pada bulan Juli yang akan mengharuskan perusahaan untuk mengganti perusahaan media Australia untuk menggunakan berita dan konten lainnya.

Inline Ad

“Apa yang ingin kita lihat adalah level playing field. Apa yang ingin kita lihat di sini adalah kesempatan yang adil bagi perusahaan dan konten jurnalistik yang disiapkan,” katanya kepada Channel 7.

Hal itu muncul hanya beberapa minggu setelah otoritas persaingan Prancis memerintahkan Google untuk bernegosiasi dengan penerbit mengenai pembayaran untuk menggunakan kembali potongan konten dalam agregator berita dan Pencarian Google.

Google dan Facebook telah memiliki dampak besar pada industri berita Australia, dengan jumlah surat kabar dan jurnalis online turun lebih dari 20 persen sejak 2014 karena pendapatan iklan digital secara luar biasa ditangkap oleh kedua raksasa tersebut.

Peraturan baru mengikuti penyelidikan 18 bulan ke dalam kekuatan platform digital oleh Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC), yang merekomendasikan perombakan peraturan yang ada.

Frydenberg mengatakan pemerintah memaksakan langkah-langkah tersebut setelah diskusi tentang kode etik sukarela yang gagal membuat kemajuan, dengan dampak pandemi virus corona pada pendapatan iklan yang mempercepat perlunya tindakan.

“Aturan lama tidak membuat kemajuan berarti jadi sekarang kami mengambil keputusan tegas untuk membuat aturan wajib, berusaha menjadi negara pertama di dunia untuk memastikan bahwa raksasa media sosial ini membayar konten,” katanya.

Langkah serupa oleh Spanyol membuat Google menutup layanan Berita di sana pada tahun 2014, sementara perusahaan mengancam akan melakukan hal yang sama dalam menanggapi undang-undang Prancis yang baru.

Peraturan baru Australia juga akan mencakup pembagian data, dan pemeringkatan dan tampilan konten berita, untuk ditegakkan dengan mengikat mekanisme penyelesaian sengketa dan hukuman.

Diperkirakan 17 juta orang Australia menggunakan Facebook setiap bulan dan menghabiskan rata-rata 30 menit setiap hari, sementara 98 persen pencarian ponsel Australia menggunakan Google. Demikian AFP.

(AR)

Bottom ad

Leave a Reply