Bantu Masyarakat, Polda Sulsel dan Smile Train Indonesia Helat Operasi Gratis

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Sebanyak 28 balita dari berbagai kelurahan dan kecamatan di Kota Makassar mengikuti rangkaian pemeriksaan guna menjalani operasi bibir sumbing dan celah langit-langit di RS Bhayangkara Makassar, Jalan Mappaodang, Sabtu, (10/4/2021).

Kegiatan bakti sosial operasi gratis tersebut berlangsung selama dua hari. Mulai 9-10 April dan diinisiasi oleh organisasi nirlaba dan amal internasional, Smile Train Indonesia bekerjasama dengan Polda Sulsel dan RS Bhayangkara Makassar.

Inline Ad

“Terima kasih atas dukungan dan kerjasama Smile Train Indonesia atas kelancaran bakti sosial kemasyarakatan ini,” kata Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam, saat ditemui di Aula Tribrata RS Bhayangkara.

Merdi menjelaskan kegiatan sosial kemanusian sudah menjadi program tahunan Polda Sulsel terhitung sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Baca Juga:  Wagub Sulsel Minta BPN Segera Selesaikan Masalah Lahan Untuk PSN

“Artinya, kegiatan operasi bibir sumbing dan celah-celah langit sudah berjalan selama lima tahun,” ujarnya.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, Indonesia merupakan negara ketiga tertinggi penderita sumbing bibir. Termasuk Sulsel juga masih sangat tinggi penderita bibir sumbing dan celah langitnya.

Tercatat, selama kegiatan ini terlaksana, sudah 300 orang lebih sudah tertangani. Untuk itu kata Merdi, pihaknya akan terus mendorong dan mendukung kegiatan tersebut.

“Termasuk mendorong jajarannya untuk terus
menyosialisasikan ke masyarakat serta menginformasikan tentang pentingnya kegiatan seperti ini. Apalagi mereka yang kurang mampu,” urainya.

Terpisah, Country Manager Smile Train Indonesia, Deasy Larasati mengapresiasi atas  dukungan Pak Kapolda dan pihak RS Bhayangkara atas terselenggaranya kegiatan sosial kemasyarakatan dalam hal ini operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit.

Baca Juga:  #URBANCARE2017 HMPWK FT-UK, Make the Biggest Idea for Our City

Menurut Deasy, kegiatan ini hampir tiap dua bulan dilakukan di rumah sakit. Itupun RS yang memenuhi standarprosedur penanganan dengan keselamatan tinggi.

Hal itu, agar pasien mampu tertangani dengan maksimal dan mendapatkan pelayanan yang baik.

“Bukan hanya pasien yang tersenyum kembali melainkan keluarganya juga,” terangnya.

Sekedar diketahui, operasi bibir sumbing dan celah langit-langit dihadiri langsung Kapolda Sulsel, Country Manager Smile Train Indonesia, Deasy Larasati beserta jajarannya, para pejabat utama Polda Sulsel serta Ketua Bhayangkari Polda Sulsel, Shanty Merdisyam dan sejumlah pihak terkait lainnya. (*)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.