Banyak Rumah Tertimpa Pohon, BPBD Serahkan Bantuan

Akibat cuaca buruk, satu pohon di Jalan Rappocini tumbang bersama akarnya dan menimpa satu rumah dan pos siskamling.
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Banyaknya korban akibat angin kencang membuat prihatin berbagai kalangan. Pasalnya angin kencang yang terjadi belakangan ini mengakibatkan pohon roboh dan menimpa rumah warga. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Muhammad Rusly. Ia mengatakan bahwa hujan deras disertai angin kencang merubuhkan pohon-pohon yang cukup besar dan menimpa beberapa rumah.

“Sejumlah rumah tertimpa pohon tumbang akibat cuaca eksrim yang melanda Kota Makassar dan sekitarnya sejak Jumat kemarin,” jelasnya kepada inipasti.com, Selasa, (7/2/2017).

Inline Ad

Olehnya itu, Rusly mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui BPBD menyerahkan bantuan kepada warga yang rumahnya tertimpa pohon tumbang. Bantuan tersebut, jelasnya, berupa bantuan logistik dan bantuan stimulan. “Bantuan logistik yang diserahkan berupa tenda terpolin, sarung, selimut, family kit, baby kit dan obat-obatan,” sebutnya.

Sementara bantuan stimulan lanjut Rusly, berupa seng, balok dan paku. Ia mengungkapkan bahwa bantuan diserahkan di jalan Inspeksi Pam RT 04 RW 01 Kelurahan Batua Kecamatan Manggala dan di jalan Rappocini lorong 5 Makassar Kelurahan Rappocini Kecamatan Rappocini. Ia menyerahkan bantuan tersebut didampingi Sekretaris BPBD, Khaeruddin dan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Maharuddin pada Senin 6 Februari kemarin.

Sementara itu, menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Maharuddin menambahkan bahwa akibat cuaca buruk, satu pohon di Jalan Rappocini tumbang bersama akarnya menimpa satu rumah dan pos siskamling. “Akibat kejadian ini, dua orang yang mengalami luka parah akibat tertimpa pohon,” katanya.

Di lokasi berbeda, di jalan Inspeksi Pam, satu pohon besar menimpa delapan rumah mengakibatkan enam rumah rusak berat dan dua rusak ringan. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja kerugian akibat rusaknya rumah diperkirakan ratusan juta rupiah,” tambahnya.

Bottom ad