Bawaslu Ingatkan KPU se Sulsel Soal APK Peserta Pemilu

Bawaslu Sulsel saat menggelar sosialisasi peliputan pemilu 2019 bersama awak media di Hotel Claro, Makassar, Rabu 21 November 2018.

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan mengingatkan KPU Kabupaten/Kota untuk mencetak Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengatakan sampai saat ini masih banyak KPU Kabupaten maupun Kota yang belum melakukan sosialisasi peserta pemilu di daerah masing-masing.

“Sebagian besar KPU Kabupaten/Kota belum menyelesaikan tugasnya memproduksi APK, padahal kalau kita hitung mulai 23 September sampai hari ini, itu sudah hampir dua bulan,” kata Laode Arumahi saat ditemui di Hotel Claro Makassar Rabu 21 November 2018.

Baca Juga:  Andi Sudirman Sulaiman Disebut "Cawagub Rental" di Pilgub Sulsel

Laode mengatakan, pihaknya bakal melakukan langkah-langkah penindakan terhadap KPU yang bersangkutan, karena hal tersebut dapat merugikan hak Caleg maupun partai politik.

“Bawaslu Sulsel memberikan
batas waktu kepada KPU hingga tanggal 23 November. Kabupaten yang belum memproduksi silahkan diproses itu adalah pelanggaran administratif nanti bawaslu kab/kota panggil KPU kabupaten/kota minta klasrifikasinya,” tegasnya.

Bahkan hal ini, menurutnya juga merugikan hak masyarakat sebagai calon pemilih yang ingin mengenal figur yang bakal dipilih pada saat pencoblosan nanti.

Baca Juga:  Jubir Golkar Sulsel Bantah Isu NH Dukung Prabowo di Pilpres 2019

“Yang mereka lihat hari-hari adalah APK yang dibikin masing-masing caleg yang macam-macam modelnya itu kan bisa mengurangi daya tarik pemilu,” tandasnya.

(Muh. Seilessy)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.