Belum Ada Kepastian Parpol Usungan, Appi Terancam Gagal Maju di Pilwalkot Makassar

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Bakal calon Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin alias Appi gagal maju bila empat partai politik ini tidak memberikan rekomendasi kepadanya. Yaitu Demokrat, Hanura, Perindo, dan Partai Berkarya.

Inline Ad

Sekretaris Hanura Sulawesi Selatan Affandy Agusman mengatakan, hingga saat ini partainya belum menentukan sikap siapa kandidat yang akan direkomendasikan. Sebab DPP belum memutuskan. Sementara nama-nama sudah diserahkan. Yaitu Danny Pomanto, Appi, None, Deng Ical, dan dr Fadli Ananda.

“Minggu depan kami baru melakukan rapat di DPP,”ujar Affandy, Kamis 2 Juli 2020.

Sedangkan Sekretaris Perindo Sulawesi Selatan Hilal Syahrim menjelaskan, kendati satu nama yang hampir pasti mendapat rekomendasi yaitu Appi. Tetapi partainya masih menunggu kepastian dari DPP.

“Kami masih menunggu dari DPP,”ucapnya.

Sementara Ketua Bappilu Sulawesi Selatan Selle KS Dalle tak ingin berspekulasi siapa yang akan diberikan rekomendasi.

Baca Juga:  Survei Poltracking, Bro Rivai: Ada Upaya Jegal Calon di Parpol

“Saya no commen dulu kalau Pilwlkot Makassar,”katanya.

Adapun Ketua Partai Berkarya Yusuf Gunco mengatakan sampai saat ini partainya tetap ke Appi. Mengenai kapan rekomendasi keluar ia mengaku masih menunggu.

Direktur Nurani Strategic Nurmal Idrus menambahkan, rekomendasi parpol itu adalah ketidakpastian. Artinya, semua ditentukan oleh suasana hati dan situasi pengurus pusat Parpol. Bahkan, sampai hari ini tak ada yang bisa memastikan dukungan parpol hingga didaftarkan ke KPU di awal September nanti.

“Sehingga, kita tak bisa memprediksi dengan pasti dengan siapa parpol akan bersama di Pilwali Makassar, termasuk memprediksi peluang Appi,”katanya.

Hngga saat ini Appi belum juga mendapat rekomendasi dari partai politik. Sedangkan calon lainnya sudah ada. Seperti
pasangan calon Deng Ical-dr Fadli hampir dipastikan diusung oleh PDIP enam, PKB satu, dan PKS lima kusi. Sementara bakal calon Wali Kota Makassar Irman Yasin Limpo akan diusung oleh Golkar lima dan PAN lima kursi.

Baca Juga:  Wakil Ketua PHRI Sulsel Gabung di NasDem

Sedangkan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi diusung oleh NasDem enam kursi dan Gerindra lima kursi di DPRD. Sementara syarat untuk maju di Pilwalkot Makassar yakni 10 kursi dari jumlah partai koalisi di DPRD Makassar.

Kini empat partai yang belum menentukan arah dukuangannya yaitu Demokrat memiliki enam, Hanura tiga, Perindo dua, dan Berkarya satu kursi. Sehingga totalnya 11 kursi.

(Muh. Seilessy)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.