Bendungan Rongkong Diajukan Masuk PSN, Menteri PUPR: Kita Selektif untuk Bangun

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR –
Pemerintah Provinsi Sulsel telah mengajukan pembangunan proyek bendungan baru, yang diharapkan dapat masuk ke dalam PSN lagi nantinya, mengingat anggaran pembangunan bendungan sangatlah besar.

Inline Ad

Kepala Bappelitbangda Sulsel Andi Darmawan Bintang mengatakan beberapa waktu lalu, telah mengajukan beberapa bendungan, salah satunya Rongkong di Luwu Utara dan satu bendungan di Enrekang, walaupun masih dalam tahap diskusi, yang mendesak itu pembangunan bendungan rongkong.

“Yang mendesak itu rongkong, kalau dibangun dapat berfungsi sebagai pengendali  banjir  untuk daerah yang ada di sekitar aliran sungai  rongkong,  yang alirannya terutama mengalir sepanjang daerah luwu raya, ini akan mengurangi banjir yang terjadi di darah sana,” jelas Darmawan.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan berbicara peluang dari proyek tersebut, bisa saja. Namun inikan Presiden akan  berakhir masa jabatannya di tahun 2024, sehingga program Kementerian di dalam tiga tahun diutamakan dengan istilah OPOR.

“O itu Optimalisasi, jadi mengoptimalkan apa yang sudah kami bangun. Kemudian P yaitu pemeliharaan, O itu operasi atau mengoperasikan dan R itu rehabilitasi,sehingga kami sangat selektif sekali untuk membangun yang baru,” kata Basuki saat melakukan kunjungan kerja di Sulsel.

Menurutnya, hal ini dilakukan supaya pada tahun 2024 semuanya bisa diselesaikan. “Bukan berarti tidak membangun, yang sudah on going kami selesaikan supaya bisa dimanfaatkan,” jelasnya

Namun, Basuki yang ingin tahu tentang lokasi Bendungan tersebut menanyakan langsung kepada Kepala Balai dan telah mengetahui jika bendungan rongkong telah masuk dalam tahap desain, dan berharap di 2023 nanti desain dari bendungan tersebut dapat ditinggalkan buat Pemerintahan yang baru.

(Iin Nurfahraeni)

Bottom ad

Leave a Reply