Berhasil Hidupkan Bank Sampah, Makassar Target Adipura Paripurna

Timpro PP MTR pantau titik-titik yang menjadi penilaian Adipura Paripurna, Selasa (1/11). Limbah rumah tangga akan dijadikan sebagai bahan bernilai ekonomis. (Foto : istimewa)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Limbah atau sampah rumah tangga yang dulunya dibuang begitu saja kini tidak begitu lagi. Dengan kehadiran Bank Sampah, maka sampah rumah tangga tersebut kini bernilai ekonomi. Karena itu pula animo masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan atau mengurus sampahnya sendiri semakin tinggi.

Kondisi tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Program Percepatan dan Pengendalian Makassar Tidak Rantasa (Timpro PP MTR), Mukhtar Tahir saat mengunjungi beberapa Bank Sampah, Selasa (1/11).

Selain berkunjung ke beberapa Bank Sampah, Mukhtar mengatakan bahwa timnya juga menongkrongi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang. Setiap hari, lanjutnya, ia bersama timnya memantau titik-titik yang menjadi penilaian Adipura. Ia menjelaskan, hal itu dilakukan untuk mendukung persiapan Pemerintah Kota Makassar menghadapi penilaian Adipura Paripurna.

Baca Juga:  Jalan Santai HUT ke-350 Sulsel, Peserta Diharap Jaga Estetika Kota Makassar

“Saat ini animo masyarakat untuk mengurus sampah semakin tinggi, alasannya dengan hadirnya bank sampah maka sampah rumah tangga sudah memiliki nilai ekonomi,” tukas Mukhtar Tahir saat berada di Bank Sampah Unit (BSU) Adipura, Jalan Urip Sumihardjo, lorong 4, Kelurahan Karuwisi Utara, Kecamatan Panakkukang.

Menurutnya, jika dulu masyarakat ingin dijemput sampahnya untuk dibawa ke TPA, sekarang masyarakat sendiri yang membawa sampah tersebut ke Bank Sampah Pusat. Mukhtar juga menuturkan bahwa Bank Sampah tersebut merupakan program yang bisa menjamin keberlangsungan progam MTR kota Makassar.

Baca Juga:  Jet Ski Wali Kota Cup 2019 Berakhir, Berikut Daftar Juaranya 

Untuk Program MTR itu sendiri, Mukhtar mengaku bahwa pihaknya selalu mendukung kegiatan MTR tersebut dalam lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Makassar. “Timpro PP MTR menjadi konsultan seluruh kegiatan SKPD terutama program MTR,” ungkap Ketua Timpro tersebut.(*)

Baca juga : Kecamatan Ini Hasilkan Sampah 24.000 Kg per Hari!

//

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.