Biden – Harris Setelah Dilantik untuk Pemerintahan Baru AS Bertekad Langsung Bekerja

INIPASTI.COM – Joe Biden akan menjadi presiden baru AS pada hari Rabu (20/1), dengan Kamala Harris sebagai perempuan pertama yang menjabat wakil presiden, sewaktu keduanya dilantik pada tengah hari. Upacara pelantikan mereka telah dikurangi kemeriahannya karena pandemi virus corona.

Absen dalam acara ini adalah ratusan ribu orang yang biasanya hadir mulai dari Capitol hingga Alun-alun Nasional. Pengganti mereka adalah lautan 200 ribu bendera AS, negara bagian dan teritori yang mewakili mereka yang tidak dapat hadir.

Inline Ad

Sebelum mulai menjabat, Biden telah menyampaikan pesan persatuan, dan khususnya mengenai perlunya untuk bersatu dan menghadapi berbagai tantangan yang dibawa pandemi yang telah menewaskan 400 ribu orang di AS serta menimbulkan kesulitan ekonomi bagi banyak orang.

Dilansir dilaman VOA “Untuk pulih, kita harus ingat. Kadang-kadang sulit untuk mengingat, tetapi itulah cara kita untuk pulih,” kata Biden Selasa malam sewaktu ia dan Harris memimpin acara peringatan di depan Monumen Lincoln bagi mereka yang telah meninggal karena pandemi. Sekitar 400 lampu dinyalakan di sekitar Kolam Refleksi.

Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dan suaminya, Douglas Emhoff (kedua dari kanan) dan Presiden terpilih Joe Biden dan istrinya, Jill Biden, menghadiri acara penghormatan terhadap korban meninggal akibat Covid-19 di Lincoln Memorial, di Washington, Selasa, 19 Januari 2021.

Baca Juga:  Era susi Natuna aman, sekarang diklaim China

“Penting sekali untuk melakukan itu sebagai bangsa, itulah sebabnya kita berada di sini hari ini. Mulai matahari terbenam hingga senja, mari kita nyalakan terang di tengah kegelapan di sepanjang kolam refleksi dan mengingat semua orang yang meninggal,” kata Biden.

Ia kemudian bertekad untuk “langsung bekerja” setelah dilantik, dengan mengatakan, “Kita tidak punya waktu sedetikpun untuk dibuang-buang untuk menangani krisis yang kita hadapi sebagai bangsa.”

Biden dan istrinya, Jill, dan Harris bersama suaminya, Doug Emhoff, Rabu (19/1/21) dijadwalkan mengawali hari mereka dengan menghadiri kebaktian di Katedral St. Matthew the Apostle di Washington.

Sewaktu kebaktian dimulai, presiden Donald Trump yang mengakhiri masa jabatannya dijadwalkan keluar dari Gedung Putih dalam perjalanan menuju tempat peristirahatannya di Florida. Trump adalah pemimpin AS pertama yang tidak menghadiri upacara pelantikan penggantinya dalam kurun 150 tahun lebih.

Wakil presidennya, Mike Pence, dijadwalkan menghadiri acara pelantikan. Begitu pula mantan presiden Barack Obama dan istrinya, Michelle, mantan presiden George W. Bush dan istrinya, Laura, serta mantan presiden Bill Clinton dan istrinya, mantan menteri luar negeri Hillary Clinton.

Baca Juga:  Dari Tiongkok ke AS, Virus Corona Mematikan Ancam Dunia, Indonesia Terdampak?

Setelah upacara pelantikan, Biden dan Harris dijadwalkan ambil bagian dalam upacara peletakan karangan bunga di Makam Tentara Tak Dikenal di Taman Makam Nasional Arlington, di luar kota Washington.

Biden, yang selama delapan tahun menjadi wakil presiden di bawah pemerintahan Obama, kemudian berencana menandatangani sejumlah perintah eksekutif dan tindakan kepresidenan lainnya.

Pelantikan Biden akan Hadirkan Parade Nasional VirtualTim transisinya menyatakan hal tersebut akan mencakup hubungan kembali dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bergabung kembali dengan perjanjian iklim Paris, membatalkan larangan Trump bagi masuknya ke AS orang-orang dari sejumlah negara yang berpenduduk mayoritas Muslim, meluncurkan upaya pemerintah untuk memajukan keadilan rasial di AS, meningkatkan perlindungan bagi orang-orang yang memasuki negara ini secara ilegal sewaktu berusia anak-anak, dan menantang warga Amerika untuk melakukan “tugas patriotik mereka” dan mengenakan masker untuk memerangi penyebaran virus corona.

Rabu malam (20/1), yang biasanya dipenuhi dengan pesta-pesta dansa mewah, akan menampilkan acara khusus televisi Celebrating America, di mana Biden dan Harris akan berbicara.

Baca Juga:  #8 – Akihito (Hirohito)

Akan ambil bagian dalam acara ini antara lain seniman musik Katy Perry, Luis Fonsi, Tim McGraw dan Lin-Manuel Miranda, selain aktor Kerry Washington dan Eva Longoria, bintang bola basket Kareem Abdul-Jabbar, koki José Andrés, dan Kim Ng, perempuan pertama yang menjadi general manager sebuah tim bisbol di Liga Bisbol Utama AS (syakhruddin)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.